CEK FAKTA: Hoaks Foto Presiden Jokowi Kena Virus

Kamis, 9 April 2020 13:37 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Foto Presiden Jokowi Kena Virus Presiden Joko Widodo. Akun Twitter Joko widodo ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah akun Facebook mengunggah sebuah gambar yang menyerupai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan peci berwana hitam, kacamata dan jas berwarna hitam.

Unggahan foto tersebut bernarasi menggunakan bahasa daerah yakni, "iki prsiden jokowi wis kena virus liat wae dheweke kaya iku."

hoaks jokowi kena virus

©2020 Merdeka.com

Benarkah foto tersebut kondisi Presiden Jokowi yang terkena virus? Berikut faktanya:

Penelusuran

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan Presiden Jokowi terkena virus, dengan menjadikan foto klaim sebagai bahan pencarian menggunakan Google Reverse Image.

Pencarian tersebut mengarah pada keterangan President of Indonesia 2019. Komposisi berupa peci, jas, dasi, lencana yang dikenakan dengan seorang dalam foto klaim, identik dengan foto Presiden Jokowi yang ada dalam artikel berjudul "Indonesia’s Unlikely Democracy Remains Resilient" yang dimuat situs quillette.com, pada 6 Juni 2019.

Sebagai tokoh penting di negeri ini kabar mengenai Presiden Jokowi tentunya tidak luput dari pemberitaan media, Cek Fakta Liputan6.com kemudian menelusurinya menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Presiden Jokowi terkena virus'

Pencarian mengarah pada artikel berjudul "[DISINFORMASI] Presiden Jokowi Positif Virus Corona", dimuat situs kominfo.go.id, pada 16 Maret 2020. Artikel tersebut mengulas tentang klaim judul artikel Presiden Jokowi positif COVID-19, namun setelah ditelusuri foto tangkapan layar pada judul artikel telah dimanipulasi.

Isi artikel situs kominfo.go.id tersebut pun tidak terkait dengan foto klaim Presiden Jokowi terkena virus yang sedang ditelusuri.

Penelusuran berlanjut dengan mengunjungi situs resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara, presidenri.go.id.

Situs tersebut menunjukkan Presiden Jokowi sedang pimpin Ratas lanjutan antisipasi Mudik
Kamis, 2 April 2020. Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas terkait lanjutan antisipasi mudik melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden Jokowi kembali mengingatkan bahwa baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus berada dalam satu visi yang sama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Presiden juga menginstruksikan agar disiapkan skenario menyeluruh yang menyentuh sisi hulu hingga hilir sebagai antisipasi mudik di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

Kesimpulan

Foto yang menunjukkan kondisi Presiden Jokowi terkena virus tidak benar atau hoaks.

Presiden sampai saat ini, Kamis (9/4) masih memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini