CEK FAKTA: Hoaks Foto Longsor Penuhi Jalan Tol Semarang-Solo

Senin, 1 Juni 2020 15:05 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Longsor Penuhi Jalan Tol Semarang-Solo hoaks foto longsor penuhi jalan tol semarang-solo. Istimewa

Merdeka.com - Beredar sebuah foto tanah longsor di aplikasi pesan instan WhatsApp. Foto tersebut diklaim kejadian longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta. Foto tersebar bersamaan dengan kabar terjadinya tanah longsor di tol tersebut.

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto tersebut adalah hoaks. Dalam artikel Antaranews.com berjudul "Jasa Marga tegaskan foto longsor Tol Semarang-Solo di medsos hoaks" pada 31 Mei 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut bukan kondisi longsor di Tol Semarang-Solo.

PT Jasa Marga (Persero)Tbk. melalui PT Trans Marga Jateng (TMJ) menegaskan bahwa foto dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo KM 426+600 arah Jakarta yang beredar melalui WhatsApp Group dan media sosial lain atau medsos lain adalah hoaks.

"Sehubungan dengan beredarnya foto terkait dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta melalui Whatsapp Group dan media sosial lainnya, bersama ini kamu tegaskan bahwa foto yang beredar tersebut hoaks, karena tidak menggambarkan kondisi sebenarnya," demikian keterangan tertulis PT Trans Marga Jateng yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Trans Marga Jateng, longsor memang benar terjadi pada lokasi jalan tol tersebut pada Sabtu (30/5) pukul 22.48 WIB. Kondisi dampak longsor yang sebenarnya dapat dilihat melalui foto udara dari petugas di lapangan yang diambil hari ini, Minggu (31/5) pada pukul 08.20 WIB.

Saat ini berdasarkan informasi terbaru sejak pukul 10.25 WIB pagi tadi, satu lajur di lokasi kejadian telah dapat digunakan dengan aman oleh pengguna jalan.

Kesimpulan

Foto yang beredar terkait kondisi longsor di Tol Semarang-Solo adalah hoaks. Foto tersebut tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini