CEK FAKTA: Hoaks Foto Kerumunan di Melbourne Sebagai Protes Pemblokiran Akses Medsos

Rabu, 13 Oktober 2021 18:29 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Kerumunan di Melbourne Sebagai Protes Pemblokiran Akses Medsos Hoaks Protes Pemblokiran Medsos di Melbourne. istimewa

Merdeka.com - Sebuah foto kerumunan orang beredar di media sosial. Pengunggah foto itu menyebut kerumunan terjadi di Melbourne, Australia, saat akses media sosial diblokir pemerintah.

"MELBOURNE this weekend. Time for Queenslanders to stand up before it gets as bad as vic.

Complete blanket media blackout out and servers Down for coverage and Facebook lives blocked on 90% of Victoria but this is the image you won’t see today! Share it around! This isn’t just construction. This This is nurses, teachers, families! It’s our whole communities! The police and government are trying to stop you seeing this and if you don’t think that’s true, look up the media censorship that the mainstream media are contesting in court as we speak."

hoaks protes pemblokiran medsos di melbourne
istimewa

Berikut terjemahannya:

MELBOURNE akhir pekan ini. Saatnya warga Queensland untuk bangkit sebelum menjadi seburuk vic (victoria).

Pemadaman total media dan server untuk liputan dan Facebook live diblokir di 90% Victoria tetapi ini adalah gambar yang tidak akan Anda lihat hari ini! Bagikan! bukan hanya pekerja konstruksi saja. Ada juga perawat, guru, keluarga! Ini seluruh komunitas kita! Polisi dan pemerintah berusaha menghentikan Anda untuk melihat ini dan jika Anda berpikir itu tidak benar, lihat sensor media yang diperebutkan oleh media arus utama di pengadilan saat kita berbicara."

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, foto tersebut bukan aksi protes pemblokiran akses media sosial.

Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Penampakan Protes Wajib Vaksin di Melbourne Tahun 2021" pada 9 Oktober 2021, dijelaskan kerumunan terjadi karena aksi protes kebijakan wajib vaksin pada 2006.

Dilansir dari voaindonesia.com, ratusan demonstran turun ke jalan di Kota Melbourne, negara bagian Victoria, untuk memprotes wajib vaksinasi bagi para pekerja di sektor industri konstruksi. Sekitar 500 pengunjuk rasa yang mendobrak pintu di kantor Serikat Pekerja Konstruksi, Kehutanan, Maritim, Pertambangan dan Energi, yang mewakili pekerja konstruksi.

Sebelumnya, pemerintah negara bagian mengumumkan bahwa industri konstruksi akan ditutup mulai Selasa (21/9) selama dua minggu di kota metropolitan Melbourne dan beberapa wilayah regional. Pengumuman tersebut juga mencakup aturan wajib vaksinasi minimal 1 dosis bagi para pekerja konstruksi, sebelum mereka kembali bekerja pada 5 Oktober 2021. Pekerja konstruksi dan aktivis sayap kanan memprotes kebijakan tersebut dengan melakukan demonstrasi di Melbourne, Australia, 21 September 2021.

Kemudian, foto demonstrasi tersebut terjadi di tahun 2006. Para demonstran berkumpul di persimpangan Swanston Street dan Bourke Street di Melbourne, Victoria, mereka adalah para pekerja industri yang memprotes UU Ketenagakerjaan.

Kesimpulan

Sebuah foto kerumunan warga sebagai aksi protes pemblokiran akses media sosial adalah hoaks. Foto diambil pada tahun 2006, saat masyarakat di Melbourne protes kebijakan wajib vaksin bagi pekerja.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini