CEK FAKTA: Hoaks, Foto Keluarga AHY Berwisata Saat SBY Berobat di AS

Senin, 8 November 2021 14:00 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Foto Keluarga AHY Berwisata Saat SBY Berobat di AS Tidak Benar Foto Keluarga AHY Berwisata saat SBY Berobat di AS. Instagram @annisayudhoyono

Merdeka.com - Beredar unggahan foto keluarga Agus Harimurti Yudhoyono bersama istri, Annisa Pohan beserta anaknya di media sosial. Terlihat AHY bersama keluarga berfoto dengan background gedung bertingkat.

Narasi dalam foto ini mengklaim keluarga AHY sedang berwisata dengan memanfaatkan kondisi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tengah menjalani pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat.

"Ini bukan contoh yg baik bagi kita.
Kita rakyat se Indonesia mendoakan Bapak mantan yg sedang mengidap cancer prostat berobat ke Amerika, yg ini ikut rombongan, bukannya prihatin la kok malah di manfaatkan utk berwisata sambil selfie-selfiean.
Mentang 2 di beayai negara."

tidak benar foto keluarga ahy berwisata saat sby berobat di as
©Turnbackhoax

Penelusuran

Setelah ditelusuri dilansir dari Turnbackhoax, foto keluarga AHY itu yang pernah diunggah Annisa Pohan melalui akun Instagram pribadinya, @annisayudhoyono pada 31 Maret 2018 lalu.

Dalam unggahannya itu, Annisa menyebut bahwa seusai liburan singkat bersama keluarga kecilnya di Hong Kong, sang suami, Agus Yudhoyono segera terbang menuju Jawa Timur untuk perjalanan dinas.

"Di sela-sela jadwalnya yang hectic , si Papap alias papy Aira alias mas Agus alias suamiku meluangkan waktu (walau kilat) untuk bikin happy anak dan istrinya. Kami baru saja sampai Jakarta sore ini , eh mas Agus langsung terbang malam ini ke Jawa Timur (sembari Packing baju untuk seminggu di Bandara karena tidak sempat pulang ke rumah).
Safe flight Pap! Cepat kembali dengan sehat!
Yaaaah...ditinggal lagi deh...(bukan) Bang Toyib eh Bang Agus jarang di rumah...ga pulang-pulang...hehehhehe
Siapa yang lagi ditinggal dinas atau tugas suami juga?" unggahan Instagram @annisayudhoyono.

Sebagai informasi, dilansir dari merdeka.com, Presiden ke-6 SBY akan menjalani perawatan kanker prostat di Amerika Serikat selama 1,5 bulan. SBY menjalani pengobatan di rumah sakit Mayo Clinic, Minneapolis.

"Karena memerlukan check-up, kemudian perawatan, check-up lagi, kurang lebih 1,5 bulan," kata anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan kepada wartawan di DPR RI, Selasa (2/11).

Selama menjalani perawatan di luar negeri, SBY ditemani keluarga dan anak-anaknya. SBY akan menjalani pengobatan dalam waktu yang cukup lama.

"Karena kan harus perawatan. Harus dimonitor dan sebagainya. Dan dokter yang meminta supaya mempersiapkan sedikit waktu untuk evaluasi dan sebagainya," ujar Syarief.

Menurut Syarief, sudah muncul indikasi SBY mengalami gangguan prostat sejak beberapa tahun terakhir. Ia memastikan, kanker prostat yang dialami masih gejala awal.

"Kemarin saya ketemu, beliau banyak ngomong, relatif kesehatannya seperti biasa aja, hanya sedikit gangguan prostat aja, dan itu masih gejala awal. Berapa tahun terakhir memang indikasinya naik sedikit," ucapnya.

Kesimpulan

Foto keluarga AHY bernarasi berwisata saat mendampingi Presiden ke-6 SBY berobat di AS adalah tidak benar. Faktanya, foto diambil pada tahun 2018 lalu di Hong Kong.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/Bg_MuUSnIsy/
https://www.merdeka.com/peristiwa/sby-akan-jalani-pengobatan-kanker-prostat-selama-15-bulan-di-amerika-serikat.html
https://turnbackhoax.id/2021/11/07/salah-foto-keluarga-agus-harimurti-yudhoyono-berwisata-saat-sby-berobat-kanker-prostat-di-as/

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini