CEK FAKTA: Hoaks Foto Ekspresi Wajah Fadli Zon soal Reshuffle Kabinet

Rabu, 23 Desember 2020 14:13 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Foto Ekspresi Wajah Fadli Zon soal Reshuffle Kabinet Hoaks Foto Ekspresi Wajah Fadli Zon soal Reshuffle Kabinet. ©Istimewa

Merdeka.com - Beredar foto Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon dengan ekspresi sedih. Foto ini kemudian dikaitkan dengan reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi.

hoaks foto ekspresi wajah fadli zon soal reshuffle kabinet
©Istimewa

Foto yang memperlihatkan raut sedih di wajah Fadli Zon, dilengkapi dengan keterangan:

"SEBUAH EKSPRESI WAJAH SETELAH RESHUFFLE KABINET, SELASA, 22 DESEMBER 2020."

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri foto Fadli Zon itu dengan Google Images. Hasilnya, ditemukan foto tersebut dimuat oleh situs berita Tribunnews.com berjudul "Fadli Zon Layat Ireng Maulana" pada 15 Maret 2016, dan tidak ada kaitannya dengan reshuffle kabinet.

hoaks foto ekspresi wajah fadli zon soal reshuffle kabinet
©Tribunnews.com

Dalam foto diberi keterangan, "Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon melayat wafatnya MusisiJazz, Ireng Maulana di rumah duka, Dharmais, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (6/3/2016). TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN"

Disisi lain, Fadli Zon pada 22 Desember 2020, melalui akun Twitternya @fadlizon mengucapkan selamat bekerja kepada para menteri.

"Selamat bekerja pd semua menteri baru yg td diumumkan Presiden @jokowi. Smg amanah, terjadi perbaikan n kemajuan di kementrian2 ini. Gentle reminder, tak ada visi misi menteri, yg ada visi misi Presiden," tulis Fadli.

Kesimpulan

Foto Fadli Zon berekspresi sedih yang dikaitkan dengan reshuffle kabinet adalah tidak benar. Faktanya foto itu diambil saat Fadli Zon melayat wafatnya musisi Jazz, Ireng Maulana pada 6 Maret 2016.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini