CEK FAKTA: Hoaks Foto Banjir Darah di Afghanistan

Rabu, 15 September 2021 16:44 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Banjir Darah di Afghanistan Aksi Protes Warga Afghanistan Atas Penggusuran Tanah Rumah Mereka. ©2021 AFP/Javed Tanveer

Merdeka.com - Beredar foto kondisi air berwarna merah. Pengunggah menyebut foto diambil saat ada banjir darah di Kabul, Afghanistan.

hoaks foto banjir darah di kabul
twitter

"Flood of Blood in Kabul"

Berikut terjemahannya:

"Banjir darah di Kabul".

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, foto itu bukan banjir darah.

Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Banjir Darah di Bandara Kabul" pada 15 September 2021, dijelaskan bahwa foto itu diambil saat pengunjuk rasa mewarnai Sungai Kabul dengan warna merah.

Setelah ditelusuri, foto tersebut merupakan foto lama yang terjadi di tahun 2017, saat sekelompok pengunjuk rasa mewarnai Sungai Kabul dengan warna merah sebagai protes simbolis untuk menyadarkan akan tingginya jumlah korban sipil di negara tersebut.

Dilansir dari artikel yang dimuat dalam Bahasa Persia otaghkhabar24.com, dengan bantuan Google Terjemahan memuat tulisan sebuah organisasi “Afghanistan 1400” menyemprotkan dua ratus kilogram cat merah di Sungai Kabul hingga membuat air menjadi merah.

Dalam postingan halaman Facebook “Afghanistan 1400” ditemukan artikel berita dengan foto serupa diunggah pada 12 Febuari 2017.

Kesimpulan

Foto kondisi banjir darah di Kabul, Afghanistan adalah hoaks. Foto itu diambil saat pengunjuk rasa mewarnai sungai Kabul, sebagai protes banyaknya jumlah korban sipil.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Afghanistan
  4. Taliban
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini