CEK FAKTA: Hoaks Foto Ayah Jokowi Seorang Komandan PKI

Jumat, 31 Juli 2020 18:02 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Foto Ayah Jokowi Seorang Komandan PKI Jokowi. Instagram: @jokowi

Merdeka.com - Beredar di media sosial sebuah foto hitam-putih seorang pria berbaju tentara, yang diklaim sebagai Ayah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Komandan Underbow Pki 1965" serta "Dokumen Negara Rahasia." Sementara itu di pojok kanan foto terdapat tulisan "Widjiatno"

hoaks foto ayah jokowi seorang komandan pki

©2020 Merdeka.com/ANTARA

Informasi tersebut diunggaj akun Facebook Ko Hong Guan, dengan narasi:

"Akhirnya Bocor juga. A.1 Bpk-nya Jokowi yg asli. Mirip Banget..!!!"

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri foto yang diklaim sebagai Ayah dari Presiden Jokowi seorang komandan PKI.

Dilansir dari ANTARA sosok pria dalam foto hitam putih yang diunggah di Facebook itu bukanlah ayah dari Presiden Joko Widodo, Wijiatno Notomiharjo.

Pria berpakaian seragam militer itu merupakan Komandan Muda Brigade ke-359 China, Jenderal Wang Zhen, sebagaimana diterangkan dalam deskripsi koleksi foto milik perpustakaan University of Wisconsin.

hoaks foto ayah jokowi seorang komandan pki

©2020 Merdeka.com/ANTARA

Jenderal Wang Zhen, jika mengacu pada data di situs Wikipedia, adalah politisi negeri Tirai Bambu dan mempunyai kedekatan hubungan dengan Presiden China Li Xiannian.

Pria yang lahir pada 1908 dan wafat pada 1993 di Guangzhou itu juga menjadi salah satu dari delapan Tetua Partai Komunis China.

Potret Wang Zhen yang diunggah di Facebook juga telah melalui proses penyuntingan. Dalam unggahan di Facebook, Wang Zhen terlihat seakan menggunakan emblem berlambang palu-arit di kerah bajunya. Sementara pada koleksi foto milik perpustakaan University of Wisconsin, kerah baju Wang Zhen tampak polos.

Dengan demikian diketahui narasi serta foto yang dimuat pengguna Facebook itu merupakan hasil rekayasa atau informasi hoaks.

Kemudian dilansir dari Detik.com berjudul "Foto-foto Notomiharjo, Ayah Jokowi yang Sempat Jadi Perbincangan" yang dimuat pada 17 Januari 2017. Ayah Jokowi, almarhum Wijiatno Notomiharjo, memiliki perawakan tubuh tinggi dan besar. Pengusaha kayu ini juga setia memelihara kumis tebal.

Tidak seperti ibunya, Sujiatmi, ayah Jokowi hingga saat ini memang kurang terekspos ke media. Sehingga pengusaha kayu ini pun sangat asing di mata publik.

Foto-foto Notomiharjo masih dikoleksi oleh keluarga besar Jokowi di Solo, Jawa Tengah. Beberapa di antaranya dimuat dalam buku Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi, Kisah Perempuan Pengajar Kesederhanaan yang terbit tahun 2014 lalu.

Dalam buku karya Kristin Salmah dan Fransisca Ria Susanti itu terdapat beberapa foto Notomiharjo. Pertama, saat pertunangan Jokowi dengan Iriana pada tahun 1986.

Kedua, foto Notomiharjo saat pernikahan anak keduanya dengan Sujiatmi, Iit Sriyantini. Di foto itu, Notomiharjo terlihat memakai pakaian adat Jawa, yaitu beskap lengkap dengan blangkon.

Dalam buku itu, Sujiatmi menceritakan Notomiharjo adalah pria berparas halus dan gagah saat mudanya. Ia juga jago bermain gobak sodor atau dalam bahasa Inggris disebut go back through the door.

Notomiharjo muda punya tunggangan sepeda motor BSA buatan The Birmingham Small Arms, Inggris, tahun 1950-an. Sewaktu SMP, Sujiatmi pun sering diantar-jemput oleh Notomiharjo.

Sujiatmi lahir dan tumbuh di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Sedangkan Notomiharjo menjalani masa muda dan sekolah di desa itu bersama kakek dan neneknya.

Ayah Notomiharjo sendiri, atau kakek Jokowi dari pihak ayah, Lamidi Wiryo Miharjo, merupakan Kepala Desa Kragan, Kecamatan Gondang Rejo, Kabupaten Karanganyar.

Notomiharjo menikahi Sujiatmi pada 1959. Setelah itu, keduanya berbisnis jual-beli kayu di Solo, yang sudah lebih dulu ditekuni ayah Sujiatmi, Wirorejo. Bisnis itu jugalah yang menurun ke Jokowi.

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai Ayah dari Presiden Jokowi seorang komandan PKI adalah salah. Faktanya, pria berpakaian seragam militer itu merupakan Komandan Muda Brigade ke-359 China, Jenderal Wang Zhen, sebagaimana diterangkan dalam deskripsi koleksi foto milik perpustakaan University of Wisconsin.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini