CEK FAKTA: Hoaks, Foto Artikel Sebut Ganjar dan Jokowi RI 1-RI 2 Pilpres 2024

Jumat, 16 September 2022 17:01 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Foto Artikel Sebut Ganjar dan Jokowi RI 1-RI 2 Pilpres 2024 CEK FAKTA: Hoaks, Foto Artikel Sebut Ganjar dan Jokowi RI 1-RI 2 Pilpres 2024. Twitter @ganjarpranowo

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar artikel pemberitaan mencatut media online CNN Indonesia yang berjudul "MK: Presiden Dua Periode Tak Dilarang Maju Cawapres" pada 12 September 2022.

Dalam unggahan tersebut menampilkan sampul artikel yang memperlihatkan Jokowi dan Ganjar tengah berjalan beriringan dan terdapat narasi Ganjar-Jokowi RI1-RI2 Pilpres 2024.

"RI1 – RI2 Pilpres 2024
Ganjar Pranowo – Presiden Joko Widodo

Inilah pasangan RI1 – RI2 2024 harapan Rakyat Indonesia yang akan menjadi double kekuatan mewujudkan cita – cita Presiden Soekarno membawa NKRI menuju Indonesia Emas yang Berdikari Mandiri di segala Bidang," narasi dalam unggahan tersebut.

cek fakta hoaks foto artikel sebut ganjar dan jokowi ri 1 ri 2 pilpres 2024
©Istimewa

Penelusuran

Penelusuran yang dilakukan cek fakta merdeka.com, CNN Indonesia benar merilis artikel berjudul "MK: Presiden Dua Periode Tak Dilarang Maju Cawapres" pada 12 September 2022.

Namun, sampul yang ditampilkan dalam artikel aslinya, menampilkan seorang pria sedang memotret surat suara dengan telepon genggamnya. Bukan Foto Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo.

cek fakta hoaks foto artikel sebut ganjar dan jokowi ri 1 ri 2 pilpres 2024
©CNNIndonesia

Selain itu, dalam artikel aslinya tidak ada keterangan Ganjar dan Jokowi RI 1 - RI 2 Pilpres 2024.

Artikel aslinya, menjelaskan Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa presiden yang telah menjabat selama dua periode bisa menjadi calon wakil presiden untuk periode berikutnya.

Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan tak ada peraturan yang melarang hal tersebut. Namun lebih kepada etika politik jika presiden dua periode ingin menjadi wakil presiden di periode selanjutnya.

"Kalau itu secara normatif boleh saja. Tidak ada larangan, tapi urusannya jadi soal etika politik saja menurut saya," kata Fajar saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Penelusuran lainnya, foto Jokowi bersama Ganjar dilakukan menggunakan Google Images. Hasilnya, foto yang sama diunggah Ganjar Pranowo di akun Twitternya, @ganjarpranowo pada 2 Oktober 2019 lalu.

cek fakta hoaks foto artikel sebut ganjar dan jokowi ri 1 ri 2 pilpres 2024
@ganjarpranowo

"Selamat datang di Kota Solo Pak Presiden @jokowi," tulis Twitter @ganjarpranowo.

Sementara itu, dilansir dari Merdeka.com, terkait penyataan Jubir MK Fajar Laksono terkait presiden yang telah menjabat dua periode bisa mencalonkan sebagai calon wakil presiden. Mahkamah Konstitusi memberikan klarifikasi terkait pernyataan Juru Bicara MK Fajar Laksono terkait penyataan tersebut.

"Pernyataan mengenai isu dimaksud bukan merupakan pernyataan resmi dan tidak berkaitan dengan pelaksanaan kewenangan Mahkamah Konstitusi RI," tulis rilis resmi Mahkamah Kehormatan pada Kamis (15/9).

Fajar selaku Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri, Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi RI serta juru bicara tidak menyampaikan dalam diskusi formal, resmi, doorstop media, dan pertemuan khusus untuk membahas isu tersebut. Namun, Fajar menjawab melalui wawancara melalui WhatsApp kepada media.

Kesimpulan

Foto artikel Ganjar Pranowo dan Joko widodo RI 1-RI 2 Pilpres 2024 adalah keliru. Dalam artikel aslinya tidak ada keterangan yang menyebutkan jika Ganjar dan Jokowi maju di Pilpres 2024.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220912060325-32-846398/mk-presiden-dua-periode-tak-dilarang-maju-cawapres
https://twitter.com/ganjarpranowo/status/1179230986518835200
https://www.merdeka.com/peristiwa/mk-klarifikasi-pernyataan-presiden-2-periode-boleh-jadi-wapres-bukan-sikap-resmi.html

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini