CEK FAKTA: Hoaks, Foto Anies Baswedan Disebut Donasikan Gajinya Untuk Palestina

Kamis, 20 Mei 2021 12:55 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Foto Anies Baswedan Disebut Donasikan Gajinya Untuk Palestina Hoaks, Foto Anies Baswedan Disebut Donasikan Gajinya Untuk Palestina. Facebook

Merdeka.com - Akun Facebook Agustus Agus mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 18 Mei 2021. Akun itu kemudian menyebut pada foto tersebut, Anies sedang menyerahkan donasi untuk Palestina menggunakan uang pribadinya dan patungan dari pegawai Pemda DKI Jakarta, kepada Duta Besar Palestina, Zuhair Al Shun.

Dalam foto itu, terlihat Anies sedang memasukkan sesuatu benda ke dalam tas atau paper bag. Kemudian benda itu dikaitkan sebagai donasi yang diberikan Anies kepada Duta Besar Palestina, Zuhair Al Shun.

"Sunyi senyap dari media. Goodbener anies langsung donasikan dana untuk palestine dari gaji pribadi uang pribadi dan patungan karyawan pemda dki. Donasi langsung serahkan ke tangan Dubes Palestine Zuhair Shurn," tulis akun Agustus Agus.

hoaks foto anies baswedan disebut donasikan gajinya untuk palestina
©Facebook

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com melakukan penelusuran terkait foto Anies menyerahkan donasi untuk Palestina kepada Duta Besar Palestina Zuhair Al Shun. Hasilnya, tidak ditemukan informasi atau artikel yang memberitakan hal tersebut.

Kemudian foto Anies dan Duta Besar Palestina Zuhair Al Shun adalah foto lama yang diambil pada Juli 2019 lalu.

Foto itu diambil saat Zuhair Al Shun bertemu Anies Baswedan di Gedung Balai Kota DKI Jakarta dalam rangka rangka menghangatkan hubungan Jakarta dan Al-Quds Al-Syarif telah menjalin kerja sama Sister City sejak Oktober 2007.

hoaks foto anies baswedan disebut donasikan gajinya untuk palestina
©Instagram Anies 

Anies mengunggah sejumlah foto suasana pertemuan dan saling tukar cinderamata. Tampak sebuah paper bag yang identik pada foto yang dinarasikan Anies sedang menyerahkan donasi.

"Jakarta dan Al-Quds Al-Syarif telah menjalin hubungan kerja sama Sister City sejak Oktober 2007.⁣

Untuk menghangatkan kembali hubungan kedua kota, kemarin Balai Kota DKI menerima Duta Besar Palestina Yang Mulia Dr. Zuhair Al-Shun.⁣

Dalam pertemuan tersebut kami membahas beberapa potensi kerja sama antar kota, misal peningkatan kapasitas penyelamatan (rescue), pemadam kebakaran, bantuan kemanusiaan dan seni budaya.⁣

Pemprov DKI Jakarta akan selalu mendukung komitmen Republik Indonesia kepada perjuangan kemerdekaan Palestina." tulis Anies di akun Instagram pada pada 3 Juli 2019.

Kesimpulan

Foto Gubernur Anies Baswedan sedang menyerahkan donasi untuk Palestina kepada Duta Besar Palestina Zuhair Al Shun adalah keliru.

Faktanya, itu foto lama yang diambil pada tahun 2019 silam dan tidak ada kaitannya dengan pemberian donasi untuk Palestina.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini