CEK FAKTA: Hoaks Eks FPI akan Bunuh Diri Massal Jika Rizieq Syihab Tak Dibebaskan

Senin, 19 April 2021 11:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Eks FPI akan Bunuh Diri Massal Jika Rizieq Syihab Tak Dibebaskan Imam Besar FPI Rizieq Shihab Tiba di Petamburan. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Beredar foto puluhan orang berseragam putih tampak berunjuk rasa yang diklaim sebagai mantan anggota Front Pembela Islam (FPI) akan bunuh diri massal apabila Rizieq Syihab tidak dibebaskan di media sosial.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Maya Sinta pada 12 April 2021. Foto itu bernarasi:

"Mantan anggota x fpi. deklarasi. bersumpah akan bunuah diri masal apa bila HRS tidak di bebaskan kurang lebih 200 org bersumpah mbela hrs sampai mati."

cek fakta hoaks eks fpi akan bunuh diri massal jika rizieq syihab tak dibebaskan
©Liputan6.com

Penelusuran

Penelusuran terkait eks anggota FPI akan bunuh diri massal jika Rizieq Syihab tidak dibebaskan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Search.

Hasilnya foto tersebut pernah diunggah situs JPNN.com berjudul "FPI Geruduk Kantor Tempo" yang diambil oleh fotografernya, Ricardo pada Jumat 16 Maret 2018.

cek fakta hoaks eks fpi akan bunuh diri massal jika rizieq syihab tak dibebaskan
©JPNN.com

Foto tersebut diberi narasi sebagai berikut:

"Massa FPI berdemo di Kantor Tempo, Jakarta, Jumat (16/3). Mereka memprotes karikatur yang dianggap menghina Ketua DPP FPI, Rizieq Shihab. Foto: Ricardo"

Sementara itu dalam artikel merdeka.com berjudul "Tidak terima soal karikatur, ini yang diserukan FPI di kantor Tempo", Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta menggeruduk kantor redaksi Tempo di Jl Palmerah Nomor 8, Jakarta Barat pada 16 Maret 2018.

Mereka meminta kepada pihak Tempo untuk meminta maaf atas karikatur yang menggambarkan sosok orang memakai gamis dan sorban. Pria dalam karikatur itu digambarkan sedang diskusi dengan perempuan yang bertuliskan 'maaf saya tidak jadi pulang'. Sang wanita di foto itu menjawab, 'Yang kamu lakukan itu jahat'.

Kesimpulan

Foto mantan anggota FPI akan bunuh diri massal jika Rizieq Syihab tak dibebaskan adalah tidak benar. Faktanya, itu foto peristiwa ketika massa FPI berdemo di kantor Tempo pada 16 Maret 2018 silam.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.jpnn.com/foto/nasional/21727/fpi-geruduk-kantor-tempo
https://www.merdeka.com/peristiwa/tidak-terima-soal-karikatur-ini-yang-diserukan-fpi-di-kantor-tempo.html [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini