CEK FAKTA: Hoaks Efek Samping Vaksin Covid-19 Sebabkan Kematian

Kamis, 25 November 2021 14:39 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Efek Samping Vaksin Covid-19 Sebabkan Kematian Vaksinasi untuk Warga dan Komunitas Pemulung. ©2021 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Informasi vaksin COvid-19 menjadi penyebab kematian di Indonesia beredar di media sosial. Penyebar informasi menuliskan penyebab kematian tibuan orang karena efek samping dari vaksin Covid-19.

kabar vaksin covid 19 yang jadi penyebab kematian
istimewa

"Hentikan Kebijakan Pemerintah Yang Stupid, Koplak dan Idiotic "Main Paksa" Karena Menteri-Menterinya Jadi MAKELAR Business PCR, Antigen dan Vaksin, Tetapi Tidak Punya DATA dan LAPORAN Penyebab Kematian Ribuan Orang Per Hari dan Pemerintah Tidak Mau Bertanggung-Jawab Terhadap Resiko, Komplikasi dan Side Effects Dari Vaksin COVID-19, Khususnya Kepada Orang Tua Diatas 65 Tahun dan Anak-Anak Dibawah 11 Tahun....!!!!.."

Penelusuran

Cek fakta menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, vaksin COvid-19 menjadi penyebab kematian di Indonesia adalah hoaks.

Dalam artikel merdeka.com berjudul "Prof Hindra Irawan: Belum ada Bukti Kasus Meninggal Karena Vaksin Covid-19" pada 8 September 2021, dijelaskan belum ditemukan kasus kematian karena efek samping vaksin Covid-19.

"Dalam proses ini lah muncul demam, mual, seperti kita kena flu. Ini pun sama 1-2 hari selesai. Namun sensitifitas tiap orang berbeda-beda. Jadi inilah dinamika, wajar terjadi," ujar Ketua Komnas KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), M.TropPaed.

Komnas KIPI memastikan, sampai saat ini belum ada kasus kematian akibat vaksinasi Covid-19. "Kalau KIPI rata-rata tidak ada yang sampai meninggal," tegasnya.

Kesimpulan

Informasi ribuan orang meninggal karena efek samping vaksin Covid-19 adalah hoaks. Hingga saat ini belum ditemukan kasus kematian karena vaksin tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini