CEK FAKTA: Hoaks Drg David Ditangkap KPK Karena Menyokong Dana Pilwali Surabaya

Rabu, 9 Desember 2020 12:14 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Drg David Ditangkap KPK Karena Menyokong Dana Pilwali Surabaya pemungutan suara pilkada di tengah pandemi. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Informasi Dokter Gigi (drg) David Andreasmito ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa Drg. David Andreasmito ditangkap KPK karena menyokong dana kampanye Pilwali Kota Surabaya.

kabar drg david ditangkap kpk
Facebook

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi Drg. David Andreasmito ditangkap KPK adalah hoaks. Dalam artikel Republika berjudul "Difitnah Terkena OTT KPK, drg David: Ini Keji dan Picik" pada 8 Desember 2020, dijelaskan bahwa drg David membantah kabar tersebut.

Dokter Gigi (drg) David Andreasmito kaget saat dirinya diisukan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). David menilai isu tersebut merupakan fitnah yang sangat keji.

"Saya meyakini bahwa ulah ini terkait Pilwali Surabaya. Ada pihak-pihak yang ingin menggunakan segala cara dengan menyebar berita hoaks. Saya difitnah ke-OTT KPK," jelas David, pukul 20.50 Wib, Selasa (8/12/2020) di Surabaya.

Menurut David, kabar hoaks bertebaran menjelang detik-detik hari pencoblosan Pilwali Surabaya, 9 Desember 2020. Dalam hitungan jam jelang coblosan, David diberitakan ditangkap KPK karena terkait mafia alat kesehatan di kantor dinas kesehatan.

David berharap agar warga Surabaya tidak mudah mempercayai kabar dan berita hoaks serta fitnah. Dia juga meminta warga tidak goyah terhadap pilihannya.

"Jangan percaya hoaks dan jangan goyah agar Surabaya bisa mendapatkan wali kota terbaik, yang bisa memajukan kota," pesannya.

Kesimpulan

Informasi Drg. David Andreasmito ditangkap KPK karena menyokong dana kampanye Pilwali Kota Surabaya adalah hoaks. Drg. David menyebut kabar tersebut merupakan fitnah pada dirinya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini