CEK FAKTA: Hoaks Daftar Nama Penerima Vaksin Covid-19

Senin, 11 Januari 2021 15:26 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Daftar Nama Penerima Vaksin Covid-19 Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Beredar daftar nama penerima vaksin Covid-19 di media sosial. Dalam daftar nafa tersebut, tercatat nama sejumlah pejabat publik, mulai dari presiden hingga sejumlah anggota organisasi dan tokoh agama.

hoaks daftar nama penerima vaksin covid 19 pertama
Kominfo

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, daftar nama penerima vaksin Covid-19 adalah hoaks. Dalam artikel Jawapos berjudul "Beredar Nama Penerima Vaksin Covid-19 Perdana, Kemenkes: Tidak Benar" pada 6 Januari 2021, dijelaskan bahwa Kemenkes tidak pernah mengeluarkan daftar nama itu.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Pihaknya sama sekali belum mengedarkan nama-nama yang akan divaksinasi Covid-19.

“Slidenya bukan rilis resmi Kemenkes ya dan informasi tersebut tidak dapat dijadikan rujukan,” terang dia kepada wartawan, Jumat (8/1).

Sebab, terkait dengan para tokoh yang namanya tercantum tersebut masih dalam pembahasan tim internal. Begitu juga dengan terbitnya Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Hingga saat ini, pelaksanaan dan tokoh-tokoh yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 perdana masih dalam tahap pembahasan dan kita masih menunggu keluarnya EUA ya,” terang dia.

Atas hal tersebut, pihaknya meminta agar masyarakat tidak menyebarluaskan lagi terkait dengan slide yang saat ini beredar tersebut. Di mana nanti pihaknya akan merilis secara resmi siapa saja yang akan divaksinasi pertama kali.

“Kami tentunya meminta semua pihak untuk tidak merujuk dan menyebarluaskan informasi tersebut, serta menunggu informasi resmi tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.

Kesimpulan

Daftar nama penerima vaksin Covid-19 adalah hoaks. Pihak Jubir Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menyebut belum mengedarkan nama-nama yang akan divaksinasi Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini