CEK FAKTA: Hoaks Chip Microsoft Dimasukkan ke Vaksin Pfizer untuk Kurangi Gejala

Rabu, 28 April 2021 15:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Chip Microsoft Dimasukkan ke Vaksin Pfizer untuk Kurangi Gejala Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. ©REUTERS/Dado Ruvic

Merdeka.com - Beredar informasi jika vaksin Pfizer mengumumkan telah melakukan upgrade vaksin Covid-19 dengan menyertakan Chip Microsoft untuk mengurangi gejala yang timbul.

Dalam unggahan di akun Facebook,terdapat potongan judul artikel berita "Pfizer Announces COVID-19 Vaccine Upgrade, Now Includes Microsoft Chip For Reduced Symptoms".

Dalam Bahasa Indonesia "Pfizer Mengumumkan Peningkatan Vaksin COVID-19, Sekarang Termasuk Chip Microsoft Untuk Mengurangi Gejala."

hoaks chip microsoft dimaksukkan ke vaksin pfizer untuk kurangi gejala

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari AFP Fact Check, dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa judul artikel yang banyak diposting di Facebook berasal dari website StonkMarket.

StonkMarket adalah situs berita keuangan satir yang bertujuan untuk "menyediakan humor harian dan membuat stonks naik".

Stonks adalah kesalahan eja saham yang disengaja yang telah menjadi bahasa gaul internet, menurut Dictionary.com.

Selain itu dalam website resmi Pfizer dan Microsoft tidak ditemukan pengumuman resmi terkait vaksin seperti postingan yang viral di Facebook.

Kesimpulan

Klaim Pfizer mengumumkan telah melakukan upgrade vaksin Covid-19 dengan menyertakan Chip Microsoft untuk mengurangi gejala adalah salah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://factcheck.afp.com/satirical-article-about-pfizer-biontech-covid-19-vaccine-upgrade-misleads-facebook-users [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini