CEK FAKTA: Hoaks China Targetkan 100 Juta Warga Indonesia Meninggal Setelah Divaksin

Jumat, 2 Oktober 2020 11:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks China Targetkan 100 Juta Warga Indonesia Meninggal Setelah Divaksin vaksin corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp terkait China mentargetkan 100 juta penduduk Indonesia tewas vaksin yang berasal negeri tirai bambu tersebut.

Berikut isi pesannya:

"Hati hati vaksin bisa mwmbunuh jiwa. Cina mentargetkan 100 jt penduduk indonesia mati melalui vaksin cina. Jangan ada yg mao divaksin. Biar cina bangkrut ini bisnis WHO. Yahudi nasoroh cina. Yg jadi tujuan umat islam. Kita wajib waspada. Negara di Rezim jokowi jadi amburadul. Lengserkan jokowi pemimpin keblingeerrrr."

cek fakta hoaks china targetkan

Penelusuran

Penelusuran China targetkan 100 juta penduduk Indonesia tewas melalui vaksin, hasilnya tidak ditemukan satu pun informasi seperti yang diklaim.

Disisi lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Indonesia menargetkan 100 juta warga akan diberi vaksin corona mulai Desember 2020.

"Kalau itu terlalui, sampai Januari nanti sudah sampai hampir 100 juta yang diinjeksi (vaksin), saya kira mungkin akan mulai terkendali," kata Luhut dalam video yang diunggah channel Youtube KOMPASTV berjudul '100 Juta Warga akan Diberi Vaksin Corona Mulai Desember 2020, Ini Penjelasan Luhut', Sabtu 19 September 2020.

Sementara itu dilansir dari CNN Indonesia, berjudul "Rincian Orang yang Dapat Prioritas Vaksin Corona di Awal 2021" pada 28 September 2020. Pemerintah memperkirakan vaksin virus corona baru bisa didistribusikan mulai Januari 2021 mendatang. Proses ini akan dilakukan dalam lima tahap.

Pemerintah menetapkan lima kelompok prioritas yang akan mendapatkan vaksin virus corona pada awal waktu dengan jumlah sasaran 102,45 juta orang. Kelompok pertama, orang yang berada di garda terdepan dalam menangani covid-19. Total orang yang menjadi sasaran pemberian vaksin sebanyak 1,31 juta orang.

Kedua, orang yang memiliki kontak erat dengan pasien covid-19. Target sasaran pada kelompok ini sudah ditetapkan sebanyak 50 ribu orang. Ketiga, orang yang bertugas di bidang pelayanan publik dengan sasaran sebanyak 715 ribu orang.

Untuk pelayanan publik, pemerintah akan mendistribusikan vaksin dalam empat tahap. Untuk tahap pertama diberikan untuk 344 ribu orang, tahap kedua sebanyak 94 ribu orang, tahap ketiga sebanyak 159 ribu orang, dan tahap keempat 118 ribu orang.

Kelompok keempat, masyarakat umum dengan sasaran berjumlah 92,28 juta orang. Proses distribusinya akan dilakukan dalam lima tahap.

Kesimpulan

Klaim China targetkan 100 juta penduduk Indonesia tewas melalui vaksin adalah hoaks. Faktanya, tidak ditemukan informasi tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini