CEK FAKTA: Hoaks China Bisa Sembuh dari Covid-19 Tanpa Vaksin

Kamis, 10 Desember 2020 17:29 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks China Bisa Sembuh dari Covid-19 Tanpa Vaksin Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Informasi China bisa sembuh dari Covid-19 tanpa vaksin beredar di media sosial Facebook. Informasi itu menyebutkan bahwa China bisa sembuh dari vaksin dan tidak ada yang membicarakan hal tersebut.

hoaks china bisa sembuh dari covid 19 tanpa vaksin
turnbackhoax

"WHY DID CHINA RECOVER WITHOUT A VACCINE? AND WHY DOESN’T ANYBODY TALK ABOUT IT?"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi China bisa sembuh dari Covid-19 tanpa vaksin adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] China Sembuh dari COVID-19 Tanpa Vaksin" pada 8 Desember 2020, dijelaskan bahwa jutaan orang di China tetap diberikan vaksin Covid-19.

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan tersebut berisi informasi yang salah. Mengutip dari artikel South China Morning Post yang terbit pada 19 November 2020, hampir 1 juta orang China telah diberi vaksin eksperimental COVID-19 yang dikembangkan oleh Sinopharm di bawah skema penggunaan darurat negara. China menjadi satu dari dua negara yang diketahui telah menggunakan vaksin yang masih menjalani uji klinis kemanjuran dan keamanannya.

“Dalam hal penggunaan darurat, vaksin telah diterapkan pada hampir satu juta orang dan belum ada satu kasus pun dari kejadian buruk yang serius. Orang-orang hanya mengalami gejala ringan, ” ungkap Liu Jingzhen, ketua Grup Farmasi Nasional China (Sinopharm).

Mengutip dari Vox, orang-orang dalam pekerjaan dan demografi yang berisiko tinggi menjadi penerima prioritas vaksin dalam penggunaan darurat.

“Untuk mencegah penyebaran penyakit di musim gugur dan musim dingin, kami sedang mempertimbangkan perluasan yang moderat dalam program (penggunaan darurat),” ujar Zheng Zhongwei, pejabat pemerintah yang bertugas mengawasi pengembangan vaksin di China pada bulan Agustus.

Kesimpulan

Informasi China bisa sembuh dari Covid-19 tanpa vaksin adalah hoaks. Faktanya, jutaan orang di China tetap diberikan vaksin untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini