CEK FAKTA: Hoaks Cara Mengecek HP Disadap

Senin, 25 Januari 2021 17:49 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Cara Mengecek HP Disadap Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Beredar sebuah video untuk mengetahui apakah smartphone sedang disadap atau tidak dengan cara menekan *#21#.

Dalam tangkapan layar video tersebut tertulis kode *#21# dengan narasi "ikutan yang lagi viral cara cek hp disadap".

hoaks cara mengecek hp disadap
©Turnbackhoax

Penelusuran

Setelah ditelusuri, kombinasi *#21# sebenarnya digunakan untuk mengaktifkan call forwarding atau pengalihan panggilan. Jadi, fitur ini akan mengalihkan panggilan yang masuk ke nomor utama apabila tak dapat dihubungi.

Dilansir dari Liputan6.com, Pakar Keamanan dan Kriptografi Pratama Persadha juga menyebut cara cek HP disadap dengan menekan *#21# tidak benar. Menurutnya, fitur ini memang digunakan untuk mengalihkan panggilan masuk.

"Call forwarding ini sebenarnya digunakan apabila telepon milik kita akan disambungkan ke saluran lain PSTN, mailbox, dan lain-lain," tuturnya saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Rabu (21/2/2018) di Jakarta.

Terkait kemungkinan fitur call forwarding yang aktif tanpa diketahui pengguna, menurut Pratama, besar kemungkinan hal itu memang pengaturan bawaan dari kartu SIM milik operator.

Pratama juga menuturkan, teknologi penyadapan yang ada sekarang ini sebenarnya sudah canggih. Menurutnya, dengan teknologi saat ini, seseorang tak akan sadar kalau dirinya sedang disadap.

"Teknologi penyadap sekarang sudah canggih. Orang tak akan sadar kalau disadap. Apalagi, kalau penyadapnya memiliki sistem lawful intercept yang terhubung langsung ke operator," ujarnya menjelaskan.

Kesimpulan

Kode *#21# bukan digunakan untuk mengetahui HP disadap atau tidak melainkan untuk mengaktifkan call forwarding atau pengalihan panggilan. Jadi, fitur ini akan mengalihkan panggilan yang masuk ke nomor utama apabila tak dapat dihubungi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini