CEK FAKTA: Hoaks Campuran Air Lemon dan Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan

Selasa, 12 Oktober 2021 08:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Campuran Air Lemon dan Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan Ilustrasi kopi. © Pexels

Merdeka.com - Sebuah video berisi cara menguruskan badan beredar di media sosial. Dalam video terlihat seseorang mencampurkan air lemon dengan kopi panas untuk menurunkan berat badan, dan juga melancarkan pencernaan.

hoaks campuran air lemon dan kopi bisa menurunkan berat badan
istimewa

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut adalah tidak benar.

Dalam artikel kompas.com berjudul "[HOAKS] Kopi Lemon untuk Menurunkan Berat Badan" pada 9 Oktober 2021, dijelaskan bahwa belum ada penelitian resmi campuran air lemon dan kopi panas bisa menurunkan berat badan.

Pakar kesehatan menyatakan, belum ada bukti ilmiah yang mendukung khasiat menurunkan berat badan dari minuman kopi lemon.

"Kopi, baik panas atau dingin, tidak pernah memicu penurunan berat badan," kata Pierre Dechelotte, presiden Society for Clinical and Metabolic Nutrition (SFNCM).

"Konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia dan bahkan masalah jantung. Lemon mengandung banyak vitamin C dan merupakan antioksidan, tetapi juga tidak pernah menyebabkan penurunan berat badan," kata dia.

Dechelotte menjelaskan, mencampur dua bahan itu dalam minuman bisa menyebabkan gangguan pencernaan, serta secara signifikan mencegah rasa lapar sehingga berpotensi membahayakan.

Kesimpulan

Informasi mencampurkan air lemon dengan kopi panas bisa menurunkan berat badan adalah tidak benar. Belum ada temuan resmi terkait hal tersebut.

Kemudian, mencampurkan kedua bahan tersebut justru mengakibatkan gangguan pencernaan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini