CEK FAKTA: Hoaks, Burung Mengeluarkan Api dan Menyebabkan Kebakaran Hutan

Selasa, 23 November 2021 13:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Burung Mengeluarkan Api dan Menyebabkan Kebakaran Hutan Ilustrasi kebakaran hutan. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Beredar informasi yang menyebutkan tentang adanya burung yang dapat mengeluarkan api dan menyebabkan kebakaran hutan. Informasi tersebut berupa, video yang menampilkan burung di padang rumput. Beberapa kali, burung itu tampak mengeluarkan sinar laser dari matanya dan menyebabkan rumput terbakar.

Disisi lain terdapat juga video seseorang yang tampak diwawancara dalam rekaman televisi. Orang yang diwawancara itu berbicara dalam Bahasa Arab.

"Burung ini bisa mengeluarkan api, sudah di sebut oleh Nabi Muhammad SAW 1400 tahun yang lalu. Sekarang Scientists di Sydney, Australia baru merilis penemuan bahaya burung ini. Kemungkinan, burung inilah yang menyebabkan banyak kebakaran di benua Australia…wallahualam," narasi yang beredar.

hoaks burung mengeluarkan api dan menyebabkan kebakaran hutan
Antara

Penelusuran

Melansir dari ANTARA, klaim burung bisa mengeluarkan api dan menyebabkan kebakaran adalah tidak benar. Video burung dapat mengeluarkan sinar laser yang mampu membakar rumput merupakan video yang telah disunting atau direkayasa.

Video seseorang yang sedang diwawancara adalah peneliti dan penulis buku asal Suriah, Abdeel Daem Kaheel. Kaheel, sebagaimana tampak dalam video itu, sedang diwawancara pembawa acara dari stasiun televisi asal Mesir, Al Rahma.

Dalam wawancara itu, Kaheel menjelaskan fenomena kebakaran hutan di Australia yang diduga dilakukan oleh burung elang seperti hasil penelitian yang disampaikan dalam Journal of Ethnobiology pada Desember 2017.

Kaheel membahas hasil penelitian yang menyebut burung elang sengaja mengambil ranting yang terbakar ke area lain sejauh satu kilometer. Perilaku tersebut juga diduga dilakukan secara kelompok.

Sementara di sisi bawah video, tampak burung Lapwing Utara. Tapi tidak ditemukan fakta valid burung asal Eropa itu dapat menembakkan sinar laser, apalagi membakar hutan di Australia.

Kesimpulan

Klaim burung bisa mengeluarkan api dan menyebabkan kebakaran adalah tidak benar alias hoaks. Video burung dapat mengeluarkan sinar laser yang mampu membakar rumput merupakan video yang sudah direkayasa. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Hoaks
  4. Kebakaran Hutan
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini