CEK FAKTA: Hoaks Bantuan Dana Bansos dari Pertamina Senilai Rp150 Juta

Selasa, 5 Oktober 2021 16:09 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Bantuan Dana Bansos dari Pertamina Senilai Rp150 Juta Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Beredar pesan singkat mengatasnamakan PT Pertamina berisi tentang pemberian dana bantuan sosial berupa cek senilai Rp150 juta dari Mypertamina.

Pesan juga disertakan link yang menggiring penerima pesan untuk membukanya. Berikut narasinya:

Ass…
Selamat Anda M-dapatkan
Dana Bantuan Bansos
Dari My pertamina pusat
Bantuan Cek 150jt
PIN(da25e77)

Verifikasi Kode:
www.danabansosper-tamina.cf

hoaks bantuan dana bansos dari pertamina senilai rp150 juta
Liputan6.com

Penelusuran

Dilansir dari Liputan6.com, Pjs Vice President Corporate Communcation Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, informasi hadiah, undian maupun yang mengatasnamakan Pertamina baik yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS maupun email adalah tidak benar.

"Kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap segala bentuk hoaks maupun penipuan yang mengatasnamakan Pertamina," kata Fajriyah.

Menurut Fajriyah, seluruh program promosi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan yakni website www.pertamina.com, akun sosial media @pertamina serta aplikasi resmi MyPertamina atau atau Pertamina Call Center 135.

Dikutip situs resmi pertamina.com meminta masyarakat untuk waspada terhadap penipuan dengan modus pemberian hadiah dan uang sering diterima melalui pesan singkat dan/atau e-mail yang mengaku dari Pertamina, Indonesia.

Informasi modus penipuan tersebut menyatakan bahwa penerima pesan tersebut telah memenangkan promo undian berhadiah dan program sejenis yang dikeluarkan PT Pertamina (Persero), dan meminta kepada yang bersangkutan untuk mengirimkan uang agar mendapatkan hadiah tersebut.

Mohon diketahui bahwa PT Pertamina (Persero) tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melalui e-mail/sms.

Kesimpulan

Informasi hadiah, undian maupun yang mengatasnamakan Pertamina baik yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS maupun email adalah tidak benar.

Seluruh informasi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan yakni website www.pertamina.com, akun sosial media @pertamina serta aplikasi resmi MyPertamina atau atau Pertamina Call Center 135.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4676045/cek-fakta-tidak-benar-pertamina-bagikan-cek-dana-bansos-rp-150-juta
https://www.pertamina.com/id/waspada-penipuan [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini