CEK FAKTA: Hoaks Bank BJB Beri Dana Bantuan Sosial Rp5,5 Juta

Kamis, 15 April 2021 11:27 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Bank BJB Beri Dana Bantuan Sosial Rp5,5 Juta 188 trilyun lebih kebutuhan uang tunai lebaran 2018. ©2018 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Beredar pesan berantai WhatsApp berisi sebuah Bank Jabar Banten (BJB) memberikan dana bantuan sosial sebesar Rp 5.500.000 dan disertai link.

"Bantuan sosial finansial sebesar Rp 5.500.000. 2 NIK untuk 1 KK Daftar lengkaphttps://bankbjb.club/bantuan/?bjb."

hoaks bank bjb beri dana bantuan sosial rp55 juta
Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran dilansir dari Liputan6, GM Corporate Secretary Bank BJB, Widi Hartoto menegaskan pesan berantai yang beredar adalah tidak benar.

"Tidak ada program seperti itu. Bank BJB tidak memiliki ataupun terlibat dalam program pembagian bantuan sosial sebagaimana yang tertera di website dan pesan singkat tersebut," ujar Widi Hartoto dalam pernyataan melalui pesan singkat, Selasa (14/4/2021).

" Jadi saya tegaskan website itu bukan bagian dari channel komunikasi perusahaan. Itu laman web palsu yang mengatasnamakan Bank BJB,” ujarnya menambahkan.

Ia juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada pada informasi yang tidak jelas. "Seluruh bentuk informasi seputar promo, produk dan layanan, program maupun informasi lainnya akan diinformasikan secara resmi pada channel komunikasi resmi Bank BJB."

Selain itu, dalam Instagram resmi Bank BJB, meminta masyarakat agar waspada pada banyaknya penipuan yang terjadi di media sosial dan aplikasi percakapan.

"HATI-HATI! Atas segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan bank bjb, karena segala bentuk informasi mengenai produk, promo, program, ataupun informasi lainnya seputar bank bjb akan di informasikan secara resmi pada kontak resmi yang tertera seperti pada video di atas ini. Jangan sampai kamu terkecoh yaa, yuk ingat-ingat kontak resmi bank bjb!"

Dalam kolom komentar Bank BJB juga memberikan penjelasan pada masyarakat yang memberikan isi pesan berantai itu:

"Hai untuk hal tersebut mohon diabaikan Sahabat karena bukan merupakan website resmi dari bank bjb. Website resmi kami adalah www.bankbjb.co.id. Tetap jaga kerahasiaan data-mu ya Sahabat"

Sementara untuk kontak resmi juga dicantumkan di postingan yakni: akun Twitter: @infobankbjb, Instagram,: @bankbjb, Facebook: @bankbjb dan website: www.bankbjb.co.id.

Kesimpulan

Bank BJB beri bantuan sosial senilai Rp5,5 juta adalah tidak benar. Informasi resmi Bank BJB melalui website www.bankbjb.co.id. atau akun media sosial resmi milik Bank BJB.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/CNhrDaiB0X-/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4530768/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-janjikan-bantuan-selama-pandemi-dari-bank-bjb [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini