CEK FAKTA: Hoaks Banjir Susulan di Indramayu karena Bendungan Jatigede Penuh

Kamis, 18 Februari 2021 16:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Banjir Susulan di Indramayu karena Bendungan Jatigede Penuh Banjir di Indramayu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi banjir susulan di Indramayu beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa banjir susulan di Indramayu disebabkan bendungan Jatigede dibuka untuk mengurangi jumlah air di bendungan tersebut.

hoaks banjir susulan di indramayu
istimewa

"*INFO PENTING*
Untuk semua diharap bersiaga, sebab bendungan jatigede airnya sudah penuh, supaya tidak terjadi banjir yg keduakalinya pintuair jatigede dibuka untuk mengurangi jumlah air pada bendugan tersebut....."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel kompas.com berjudul "[HOAKS] Akan Ada Banjir Susulan di Indramayu Imbas Waduk Jatigede Airnya Penuh" pada 17 Februari 2021, dijelaskan bahwa kondisi bendungan Jatigede masih terpantau normal.

Guna mengetahui kebenaran informasi di atas, Tim Cek Fakta Kompas.com menghubungi secara langsung Kepala Sekretariat BPBD Kabupaten Indramayu, Caya.

Ketika dikonfirmasi, Caya membantah adanya informasi tersebut dan menyebut bahwa itu adalah kabar bohong.

"Itu berita hoaks," tegas Caya saat dihubungi tim Cek Fakta Kompas.com, Rabu (17/2/2021) siang.

Saat ditanya mengenai kondisi dari Waduk Jatigede, Caya menuturkan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Hingga hari ini Rabu (17/2/2021) siang, Waduk Jatigede dalam kondisi aman.

"Kondisinya aman," terang Caya. Selain itu, dia juga memastikan, banjir yang sempat melanda Kabupaten Indramayu saat ini sudah surut. "Sudah normal semua," imbuhnya.

Namun demikian, Caya meminta masyarakat untuk selalu waspada jika hujan turun secara terus menerus, khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah daerah aliran sungai (DAS).

Masyarakat juga diimbau untuk mengakses informasi dari laman resmi milik pemerintah atau dari media-media yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Itu untuk menghindari hoaks, masyarakat agar mencari informasi dari website resmi pemerintah misalnya BMKG, BPBD, InaRisk, Kominfo, dan lain sebagainya," tutup Caya.

Kesimpulan

Informasi banjir susulan di Indramayu disebabkan pintu air bendungan Jatigede dibuka adalah hoaks. Kondisi bendungan Jatigede terpantau normal.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini