CEK FAKTA: Hoaks Bangka Belitung Peringkat Satu Penularan Covid-19

Rabu, 19 Mei 2021 17:53 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Bangka Belitung Peringkat Satu Penularan Covid-19 Tenaga Kesehatan Perawat Pasien Covid-19. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kepulauan Bangka Belitung diklaim sebagai provinsi yang menduduki peringkat pertama untuk jumlah pasien positif Covid-19 se-Indonesia.

Informasi ini diunggah di media sosial Facebook dengan narasi, "Berita duka bagi kita masyarakat Bangka Belitung. Hari ini Bangka Belitung memasuki peringkat pertama nasional dengan pasien positif Covid-19 terbanyak se-Indonesia."

Penelusuran

Hasil penelusuran, Sekretaris Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan informasi menyebut Bangka Belitung peringkat pertama dalam hal jumlah pasien positif Covid-19 se-Indonesia adalah hoaks.

"Datanya tidak benar, sudah saya klarifikasikan ke akun FB bersangkutan," katanya dilansir dari ANTARA.

Ia menjelaskan, data penambahan kasus di Bangka Belitung sepanjang Mei 2021 yakni kasus positif sebanyak 2.311, sembuh 2.695, meninggal 32 dan akumulatif kasus positif 15.757 kasus.

"Posisi tertinggi pertama di Indonesia adalah Provinsi DKI Jakarta, yakni sebesar 400-an ribu kasus dari 1,7 juta jumlah kasus nasional," katanya.

Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel, Sudarman, menambahkan, kabar tentang Babel peringkat pertama Covid-19 yang beredar di media sosial merupakan berita bohong atau hoaks.

Masyarakat harus berhati-hati dalam menerima berita yang belum valid dan terpercaya. Jangan terus menyebarkan berita tersebut karena penyebarluasan berita hoaks melanggar UU ITE.

"Penyebar informasi hoaks Babel peringkat pertama Covid-19 di Indonesia ini sudah melanggar Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), karena sudah menimbulkan keresahan masyarakat," kata Sudarman.

Sudarman mengingatkan, agar warga tidak mudah percaya terhadap berita bohong atau hoaks. Karena itu, masyarakat diimbau untuk mengecek kembali informasi yang beredar di media sosial.

"Informasi dari lembaga resmi ini disebar dan diklarifikasi kembali agar tidak termakan berita hoaks," katanya.

Selain itu, melansir dari situs covid19.go.id terkait peta sebaran Covid-19 per-provinsi pada tanggal 18 Mei 2021. DKI Jakarta menduduki peringkat pertama dengan jumlah kasus 419.848 atau 24,0 persen. Sedangkan posisi kedua ada Jawa Barat dengan jumlah kasus 299.784 atau 17,1 persen.

Kesimpulan

Informasi yang mengklaim Bangka Belitung ada di peringkat pertama se Indonesia terkait jumlah pasien positif Covid-19 adalah hoaks. Faktanya, jumlah positif terbanyak adalah Provinsi DKI Jakarta dengan 419.848 kasus atau 24,0 persen.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://bengkulu.antaranews.com/berita/160198/diskominfo-tegaskan-babel-peringkat-pertama-covid-19-hoax
https://covid19.go.id/peta-sebaran [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Covid 19
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini