CEK FAKTA: Hoaks Antrean di SPBU Kota Sorong karena Pasokan BBM Menipis

Selasa, 9 November 2021 11:56 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Antrean di SPBU Kota Sorong karena Pasokan BBM Menipis Antrean BBM di Ciputat. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Sebuah video menunjukkan antrean di sebuah SPBU. Pengunggah video menyebut kejadian itu berada di SPBU di Kota Sorong. Menurutnya, antrean SPBU dikarenakan kelangkaan SPBU di Kota Sorong.

kabar pasokan bbm di sorong menipis
istimewa

"Kelangkaan BBM (bensin, premium) di kota Sorong membuat orang yang mau isi BBM di SPBI harus rela mengantri panjang karena di eceran pun harganya juga terlihat mahal, yang biasanya dijual Rp 15.000 per botol kini dijual Rp 50.000 per botol".

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut adalah hoaks.

Pihak PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Regional Papua Maluku membantah kabar kelangkaan BBM di SPBU Sorong.

Area Manager Communication Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Regional Papua Maluku, Edi Mangun, Minggu (7/11/2021) menegaskan stok BBM di Fuel Terminal Sorong masih tersedia, bahkan dipastikan dapat bertahan antara 4 hingga 5 hari kedepan. Selain itu sesuai jadwal direncanakan pada tanggal 8 November 2021 kapal pengangkut BBM akan bongkar muatan.

Selain itu juga pada 9 November 2021 akan datang, kapal tanker pengangkut BBM dari Fuel Terminal Integrated Wayame akan melakukan bongkar muatan di Sorong, sehingga dengan demikian pasokan BBM dinyatakan aman, mengutip liputan6 berjudul "Hoaks Kelangkaan BBM di Sorong Papua Bikin Antrean Mengular di Sejumlah SPBU".

Kesimpulan

Informasi terjadi antrean di SPBU Kota Sorong adalah hoaks. Pasokan BBM di Sorong masih cukup aman hingga 4 sampai 5 hari ke depan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini