CEK FAKTA: Hoaks, Anies Baswedan Sujud ke Jokowi di Istana Negara

Selasa, 4 Oktober 2022 18:51 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks, Anies Baswedan Sujud ke Jokowi di Istana Negara Jokowi serahkan piala ke pemenang Formula E Jakarta. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Sebuah video beredar di media sosial mengeklaim Anies Baswedan bersujud di hadapan Presiden Jokowi karena takut dijebloskan di penjara.

Video berdurasi 8 menit itu memuat narasi "DIPANGGIL KE ISTANA HARI INI, ANIES BASWEDAN SUJUD MINTA AMPUN DI HADAPAN JOKOWI".
Terdengar suara seseorang mengatakan, "Wong Anies bentar lagi masuk penjara."

Rekaman tersebut diposting oleh Kanal Youtube dengan nama pengguna FORUM POLITIK dan telah dilihat lebih dari 17 ribu kali.

Berdasarkan thumbnail video memperlihatkan sosok seperti Jokowi mengenakan blazer biru tua terlihat sedang membungkuk.

Sedangkan, seorang pria di hadapan Jokowi mengenakan pakaian hitam putih bersujud. Gambar itu juga tampak adanya foto Megawati dan diduga Ganjar Pranowo yang mengenakan masker.

Penelusuran

Tim cek fakta mencari artikel terkait narasi Anies Baswedan di Istana negara. Hasilnya, tidak ditemukan sumber manapun yang menuliskan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sujud kepada Jokowi di Istana.

Meski begitu, panggilan Jokowi kepada Anies di Istana negara pernah dilakukan pada 2021 untuk membahas mengenai kelonjakan kasus Covid-19.

Sedangkan, setelah ditelusuri video tersebut berisi potongan-potongan pemberitaan soal Anies yang diduga akan dipenjara sebagai upaya penjegalan Anies dalam pemilu 2024.

Pernyataan tersebut pernah dilontarkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Andi Arief.

Gambar pada thumbnail identik dengan foto yang diunggah Detik.com dengan judul artikel "Halal Bihalal di Istana: Warga Antre Salaman hingga Sujud Depan Jokowi".

Momen tersebut merupakan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) open house di Istana Negara, Jakarta, dalam rangka perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.
Salah seorang tamu yang merupakan masyarakat umum tiba-tiba bersujud di hadapan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

Foto itu kemudian diedit dan ditambahkan foto diduga Ganjar dan Megawati.

Kesimpulan

Klaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nekat sujud di hadapan Presiden Jokowi ternyata tidak benar. Thumbnail yang ditampilkan merupakan hasil editan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=ZZPW-bB-ShY
https://hits.suara.com/read/2022/10/04/124057/cek-fakta-benarkah-anies-baswedan-rela-sujud-di-hadapan-jokowi-karena-takut-dijebloskan-ke-penjara

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini