CEK FAKTA: Hoaks Anies Baswedan Dapat Penghargaan Provinsi Jumlah Covid-19 Tertinggi

Jumat, 11 September 2020 16:51 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Anies Baswedan Dapat Penghargaan Provinsi Jumlah Covid-19 Tertinggi Anies Baswedan. ©2020 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Beredar foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memegang sebuah penghargaan bertuliskan "PENGHARGAAN Provinsi Jumlah Covid 19 TERTINGGI". Foto itu beredar di media sosial Facebook.

hoaks foto anies baswedan dapat penghargaan provinsi covid 19 tertinggi

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Beredar Foto Gubernur Anies Menerima Piagam Penghargaan Provinsi dengan Kasus Covid-19 Tertinggi? Ini Faktanya" pada 11 September 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut adalah hasil editan.

Melalui reverse image, foto asli berasal dokumentasi dari Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Jakarta. Foto ini dimuat sejumlah media, seperti pada artikel berjudul "Lewat Penghargaan Ini, Tuduhan Anies Tak Transparan Terpatahkan" yang dimuat rmoljakarta.com, pada Jumat, 22 November 2019. Foto identik juga dimuat Kumparan.com melalui artikel berjudul "DKI Jakarta Diberi Penghargaan Terkait Keterbukaan Informasi Publik".

foto anies baswedan memegang penghargaan

foto anies baswedan memegang penghargaan

Pada kedua artikel itu dijelaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Pusat Republik Indonesia. Penghargaan untuk kategori "Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif". Penghargaan ini diberikan dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 di Gedung II Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis 21 November 2019.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, menerima langsung penghargaan yang diberikan oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Kategori penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi penilaian tertinggi bagi Pemerintah Provinsi dari Monitoring dan Evaluasi dalam Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019.

"Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta kembali menjadi salah satu Pemerintah Provinsi yang menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Kualifikasi Informatif Tahun 2019," ungkap Anies.

Kesimpulan

Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memegang sebuah penghargaan bertuliskan "PENGHARGAAN Provinsi Jumlah Covid 19 TERTINGGI" adalah hoaks. Foto tersebut merupakan hasil editan dari beberapa media berita.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini