CEK FAKTA: Hoaks Anak-Anak yang Terkena Kanker Dilarang Mendapat Vaksin

Senin, 22 November 2021 22:03 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Anak-Anak yang Terkena Kanker Dilarang Mendapat Vaksin Vaksinasi Dosis Kedua di Indonesia Capai 41,45 Persen. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Informasi anak-anak yang memiliki kanker dilarang mendapat vaksin beredar di media sosial. Informasi berupa foto bis dengan tulisan "KIDS HAVE STROKES TOO KNOW THE WARNING SIGNS", kemudian dikaitkan dengan penggunaan vaksin.

"Look at this programming! Unless they've been jabbed, KIDS DONT HAVE STROKES!!," tulis pengunggah foto tersebut.

Berikut terjemahannya:

"Lihat iklan ini! Kecuali mereka telah disuntik, ANAK-ANAK YANG TIDAK PUNYA STROKE!!"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, kanker dengan vaksin tidak berkaitan.

Mengutip AFP Fact Check berjudul "Posts misleadingly link childhood stroke warning to vaccines", dijelaskan tulisan dalam bus tersebut tidak mengaitkan dengan vaksin.

Tulisan di bus itu disponsori yayasan Achieving Beyond Brain Injury.

Nadine Vermeulen, juru bicara yayasan tersebut menjelaskan iklan itu dibuat setelah kedua putranya berusia 10 tahun dan 14 tahun menderita kanker, sebelum pandemi Covid-19.

"Kami tidak tahu mengapa anak-anak kami terkena stroke, tetapi kami tahu bahwa stroke mereka tidak ada hubungannya dengan Covid karena waktu itu 2015 dan 2018 jauh sebelum wabah," katanya.

Kemudian juru bicara Rumah Sakit Anak Sakit (SickKids), Jessamine Luck menegaskan tidak ada bukti hubungan antara vaksin mRNA Covid-19 dengan stroke anak. Menurutnya, stroke disebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah di otak. Biasanya terjadi karena penyakit jantung atau gangguan pembekuan darah, serta kepala trauma atau infeksi serius di kepala dan leher. Bukan karena vaksin.

Kesimpulan

Informasi vaksin mengakibatkan kanker pada anak-anak adalah hoaks. Tidak ada kaitannya antara vaksin dengan penyebab kanker.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini