CEK FAKTA: Hoaks Anak 13 Tahun jadi Penyebab Gangguan Facebook dan Instagram

Kamis, 21 Oktober 2021 11:04 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Anak 13 Tahun jadi Penyebab Gangguan Facebook dan Instagram Ilustrasi hacker. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Sebuah foto anak kecil berkacamata beredar di media sosial. Pengunggah foto menyebut anak tersebut bernama Sin Jisu berusia 13 tahun. Dia disebut menjadi penyebab gangguan Facebook, WhatsApp dan Instagram setelah meretas tiga media sosial itu.

hoaks anak kecil retas facebook
istimewa

"Anak kecil ini yang membuat kita Galau Kemarin ...

Minion Divers Hurghada Peretas Cina yang mengganggu Facebook, WhatsApp, dan Instagram di seluruh dunia. Bocah 13 tahun, Sun Jisu, yang mertas tiga situs dan juga menyebabkan karyawan Facebook dilarang memasuki markas besar lembaga global setelah menonaktifkan portal elektronik dan menyebabkan kerugian ekonomi yang diperkirakan mencapai miliaran dolar di seluruh dunia...."

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut adalah hoaks.

Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Bocah 13 Tahun, Sun Jisu, peretas Cina yang mengganggu Facebook, WhatsApp, dan Instagram di seluruh dunia" pada 20 Oktober 2021, dijelaskan bahwa anak dalam foto tersebut bukan seorang peretas.

Anak laki-laki dalam foto tersebut bernama Wang Zhengyang, berusia 12 tahun. Foto diambil saat Wang berbicara di konferensi keamanan internet Beijing pada tahun 2014 setelah meretas sistem komputer sekolahnya.

Kemudian dalam artikel liputan6.com berjudul "Facebook Ungkap Penyebab Layanannya, WhatsApp, dan Instagram Down Bersamaan" pada 5 Oktober 2021, dijelaskan penyebabnya karena gangguan konfigurasi.

Tim engineering kami mengetahui, perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara data center kami menyebabkan masalah yang menganggu komunikasi ini," kata tim Facebook.

Disebutkan pula, "Gangguan pada lalu lintas ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami."

Kini, menurut Facebook layanan mereka telah kembali online. "Kami secara aktif bekerja untuk mengembalikannya sepenuhnya ke operasi reguler."

Tim Engineering Facebook juga menegaskan, akar penyebab Facebook, WhatsApp, dan Instagram down adalah adanya perubahan konfigurasi yang salah.

Kesimpulan

Informasi anak usia 13 tahun jadi penyebab gangguan Facebook, Instagram dan WhatsApp adalah hoaks. Anak tersebut bukan meretas tiga media sosial, melainkan meretas sistem komputer sekolah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini