CEK FAKTA: Hoaks 43 Buaya Lepas dari Penangkaran di Sungai Cisadane

Jumat, 6 November 2020 10:57 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks 43 Buaya Lepas dari Penangkaran di Sungai Cisadane ilustrasi buaya. pixabay.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi puluhan ekor buaya lepas di Sungai Cisadane viral di media sosial. Dalam narasi yang beredar disebutkan sebanyak 43 ekor buaya yang lepasn.

Salah satunya akun Facebook Muhamad Rizky Pratama yang mengunggah kabar buaya lepas di Sungai Cisadane. Berikut narasinya:

"Hati-hati untuk yang sering mancing di Sungai Cisadane. 43 ekor buaya lepas dari penangkaran."

hoaks buaya lepas di sungai cisadane
©Liputan6.com

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri informasi 43 buaya lepas di Sungai Cisadane. Dilansir dari Kompas.com berjudul "BKSDA Sebut 43 Buaya yang Lepas ke Sungai Cisadane Hoaks" pada 5 November 2020.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 1 Jawa Barat memastikan informasi tentang lepasnya 43 ekor buaya ke Sungai Cisadane dari lokasi penangkaran buaya di wilayah Bogor adalah hoaks.

Petugas BKSDA Wilayah 1 Jawa Barat Sudrajat mengatakan, tidak ada lokasi penangkaran buaya di wilayah Bogor. Sudrajat berujar bahwa pihaknya telah memastikan kebenaran informasi itu dengan melakukan penelusuran dari Bogor hingga ke Serang, Banten.

"Saya pastikan itu (informasi) hoaks. Di Bogor tidak ada penangkaran buaya," kata Sudrajat, saat dihubungi, Kamis (5/11/2020).

Sudrajat menambahkan, jika memang ada buaya yang dilepasliarkan, petugas BKSDA pasti menerima informasi tersebut. Bahkan, pihaknya akan berangkat menuju lokasi dan melakukan pemantauan.

"Kita juga sudah cari selama tiga hari sejak beredarnya informasi itu. Pencarian dilakukan dari Bogor sampai Serang. Tapi, tidak ada. Sekali lagi, informasi itu hoaks," sebut Sudrajat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten, masih mencari tahu lokasi dalam video di media sosial yang menyebutkan, sejumlah buaya terlepas dari penangkaran dan kini berkeliaran di Sungai Cisadane.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang Febi Darmawan mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah sungai yang terlihat dalam video merupakan Sungai Cisadane.

"Kami sama petugas di lapangan pas lihat video itu malah bingung itu lokasinya Cisadane sebelah mana. Belum tahu di mana itu," ujar dia.

Darmawan menjelaskan, BPBD Kota Tangerang masih melakukan penyisiran di Sungai Cisadane dan belum menemukan buaya sampai Rabu siang ini. Petugas di lapangan juga menggali informasi dari nelayan penambang cacing di Sungai Cisadane.

Hasilnya, tidak ada satu pun yang melihat adanya buaya beberapa waktu belakangan ini. "Sampai sekarang belum ketemu," tutur dia.

Sementara itu Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, mengatakan informasi buaya lepas adalah hoaks.

"43 buaya air yg di beritakan lepas ke sungai Cisadane sudah di pastikan hoaks ya
Terimaksih team @bpbdkotatangerang
Yg sdh antisipasi dgn menyusuri sungai" katanya di akun Instagram resmi @ariefwismansyah.

Kesimpulan

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 1 Jawa Barat memastikan informasi tentang lepasnya 43 ekor buaya ke Sungai Cisadane dari lokasi penangkaran buaya di wilayah Bogor adalah hoaks.

Sementara itu, BPBD Kota Tangerang sudah melakukan penyisiran di Sungai Cisadane, tapi tidak menemukan satu buaya di sana.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Hoaks
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini