CEK FAKTA: Hati-Hati Akun Twitter Palsu Wapres Ma'ruf Amin

Kamis, 25 Juni 2020 16:30 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hati-Hati Akun Twitter Palsu Wapres Ma'ruf Amin Wapres Maruf Amin dalam Musyawarah Nasional V Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia. ©2020 Liputan6.com/Ditto Radityo

Merdeka.com - Beredar akun Twitter mengatasnamakan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin @Kiay_MarufAmin. Akun Twitter ini baru dibuat pada Juni 2020 dan baru diikuti 14 followes.

Salah satu cuitan dari akun Twitter @Kiay_MarufAmin bertulisan, "Hari ini saya mendampingi Presiden @jokowi memimpin Rapat Terbatas tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 serta Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilaksanakan di Istana KODOK," yang ditulis 23 Juni 2020.

akun twitter palsu wapres ma039ruf amin

Twitter

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri akun Twitter yang mengatasnamakan Wapres KH.Ma'ruf Amin @Kiay_MarufAmin. Hasil penelusuran, akun Twitter @Kiay_MarufAmin merupakan akun cosplay. Artinya, akun palsu yang menirukan publik figur.

Sementara itu akun Twitter resmi milik Wapres Ma'ruf Amin adalah @Kiyai_MarufAmin yang memiliki 44.1 ribu followers dan terverifikasi.

Kemudian dalam akun palsu Wapres yang membuat kicauan mendampingi Presiden Jokowi di Istana Kodok. Namun faktanya, dalam akun Twitter resmi Ma'ruf Amin menuliskan jika dirinya mendampingi Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Bukan di Istana Kodok.

akun twitter palsu wapres ma039ruf amin

Twitter

"Hari ini saya mendampingi Presiden @jokowi memimpin Rapat Terbatas tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 serta Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilaksanakan di Istana Merdeka," tulis akun @Kiyai_MarufAmin, Selasa 23 Juni 2020 pukul 08.18.

Kesimpulan

Akun Twitter mengatasnamakan Wapres KH.Ma'ruf Amin @Kiay_MarufAmin adalah akun palsu. Akun Twitter resmi Ma'ruf Amin adalah @Kiyai_MarufAmin yang memiliki 44.1 ribu followers.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini