CEK FAKTA: Foto Masjid Meledak Saat Salat Jumat & Tewaskan Jemaah Hoaks, Ini Faktanya

Jumat, 14 Januari 2022 18:13 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Foto Masjid Meledak Saat Salat Jumat & Tewaskan Jemaah Hoaks, Ini Faktanya hoaks foto masjid terbakar saat salat jumat. Istimewa

Merdeka.com - Beredar foto menampilkan sebuah masjid yang atapnya terbakar. Narasi yang beredar kebakaran tersebut diklaim terjadi akibat ledakan saat salat Jumat dan menyebabkan 67 jemaah meninggal dunia.

"Innalillahi kabar duka kebakaran, artis meninggal banyak yang membaca ,dan shere sedangkan Masjid Meledak Saat Waktu Sholat Jumat, Sebanyak 67 Jamaah Meninggal Dunia, Semoga Husnol Khotimah Aminn," narasi yang beredar.

hoaks foto masjid terbakar saat salat jumat
Istimewa

Penelusuran

Dilansir dari Turbackhoax, masjid terbakar dan terdapat korban jiwa sebanyak 67 jemaah adalah keliru. Faktanya, masjid pada foto tersebut merupakan Masjid Muslimin berlokasi di Payakumbuh, Sumatera Barat yang terbakar pada Rabu, 10 Agustus 2016 dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Foto yang sama, dimuat di artikel berita berjudul “Sebuah Masjid di Payakumbuh Terbakar Hebat” yang terbit di situs news.okezone.com pada 10 Agustus 2016.

Sementara itu, dilansir dari situs kbknews.id lantai dua Masjid Muslimin di Kelurahan Ikua Koto di Balai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat terbakar, Rabu 10 Agustus 2016 sekira pukul 10.30 WIB. Menurut seorang saksi, api pertama kali dilihat pada kubah masjid. Kemudian, api mulai membesar. Dia berteriak dan meminta pertolongan kepada masyarakat sekitar.

Kapolsekta Payakumbuh, Kompol Russirwan mengatakan, api diduga berasal dari arus pendek listrik. Akibatnya, bagian di lantai dua mesjid tersebut terbakar. Namun, untung saja api tidak sampai ke lantai satu masjid.

“Api berhasil dijinakkan setelah 6 unit damkar dari Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh datang kelokasi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini tetapi kerugian materi ditaksir mencapai Rp 1 Miliar,” sebut Russirwan.

Kesimpulan

Masjid terbakar dan menyebabkan korban jiwa sebanyak 67 jemaah adalah keliru. Faktanya, masjid pada foto tersebut merupakan Masjid Muslimin berlokasi di Payakumbuh, Sumatera Barat yang terbakar pada Rabu, 10 Agustus 2016 lalu dan tidak ada korban jiwa.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://news.okezone.com/read/2016/08/10/340/1459786/sebuah-masjid-di-payakumbuh-terbakar-hebat
https://turnbackhoax.id/2022/01/08/salah-foto-masjid-meledak-saat-salat-jumat-sebanyak-67-jamaah-meninggal-dunia/

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Masjid
  4. Kebakaran
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini