CEK FAKTA: Foto Ini Bukan Saat Menkes Terawan Terima Penghargaan dari WHO

Kamis, 12 November 2020 14:51 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Foto Ini Bukan Saat Menkes Terawan Terima Penghargaan dari WHO Foto Ini Bukan Saat Menkes Terawan Terima Penghargaan dari WHO. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com - Beredar foto Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sedang mengangkat piala dan memegang plakat. Foto ini diunggah akun Facebook Jeffry TripleSeven pada Kamis (12/11/2020).

Foto Menkes Terawan diklaim sedang menerima penghargaan dari WHO. Berikut narasinya:

"Piala pengharga'an dari WHO untuk pak Terawan.."

Penelusuran

Penelusuran terkait klaim Menkes Terawan menerima penghargaan dari WHO, hasilnya penelusuran menemukan foto serupa di akun Instagram Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) @official_leprid yang diunggah pada 2 Agustus 2019.

Kala itu LEPRID memberi penghagaan kepada dr. Terawan berhasil menemukan Metode Cuci Otak (Brain Wash) dengan modifikasi Program Digital Substraction Angiography (DSA) untuk Penyakit stroke.

foto ini bukan saat menkes terawan terima penghargaan dari who
Instagram @official_leprid

Berikut keterangan lengkapnya:

Pada hari Rabu, 17 Juli 2019 Kami dari LEPRID berada di RSAD Gatot Soebroto Jakarta untuk memberikan apresiasi atas prestasi yang telah di raih oleh Mayjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad (K) RI.

Kita semua tahu bahwa Bp. Mayjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad (K) RI atau yang akrab kita panggi dr. Terawan ini sejak tahun 2005 telah berhasil menemukan Metode Cuci Otak (Brain Wash) dengan modifikasi Program Digital Substraction Angiography (DSA) untuk Penyakit stroke. Dan jumlah pasien yang di tanganinya sudah mencapai puluhan ribu pasien.

Metode pengobatan tersebut bahkan telah diterapkan di Jerman dengan nama paten ‘Terawan Theory”. Kini dr. Terawan telah berhasil membuktikan kepada dunia medis, meski menjadi dokter militer dan juga menjabat Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta, beliau tetap bisa memberikan penemuan metode baru dan pelayanan yang terbaik dan cepat kepada pasien stroke agar cepat sembuh.

Oleh karenanya itu LEPRID menilai bahwa apa yang di berikan dr. Terawan ini layak kami Apresiasi atas prestasi beliau yang inovatif dan mendunia khususnya di bidang kesehatan dalam memberikan pelayanan dan pengobatan yang terbaik bagi pasien penderita stroke agar cepat sembuh. Dan mungkin kedepannya metode ini dapat berkembang sehingga selain penyakit stroke penyakit lainnya yang berhubungan dengan otak/saraf dapat cepat di sembuhkan.
Kami catat prestasi ini pada urutan ke- 500.

Kesimpulan

Foto Menkes Terawan terima penghargaan dari WHO tidak benar. Faktanya foto tersebut diambil saat dr Terawan menjabat Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto dan meraih penghargaan dari LEPRID pada Juli tahun 2019.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini