CEK FAKTA: Foto Ini Bukan Kremasi Massal Saat Kasus Covid-19 Melonjak di India

Selasa, 4 Mei 2021 11:07 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Foto Ini Bukan Kremasi Massal Saat Kasus Covid-19 Melonjak di India CEK FAKTA: Foto Ini Bukan Kremasi Massal Saat Kasus Covid-19 Melonjak di India.

Merdeka.com - Beredar foto menggambarkan suasana di sebuah lokasi kremasi jenazah. Foto diklaim terjadi India akibat dari melonjaknya kasus Covid-19 di negara Bollywood itu.

Foto itu diunggah akun Twitter Ranjir Kumar Maity, pada 26 April 2021 dengan narasi sebagai berikut:

"A total mismanagement by #Modi led Government in handling of Covid spread or making availability of sufficient oxygen and beds. Vishwaguru was #superspreader in the form of election rallies..#TMC200Paar#NoVoteToBJP#ModiOxygenDo #ModiDisasterForIndia."

Terjemahaan dalam Bahasa Indonesia:

"Salah urus total oleh #Modi yang dipimpin Pemerintah dalam menangani penyebaran Covid atau menyediakan oksigen dan tempat tidur yang cukup."

cek fakta foto ini bukan kremasi massal saat kasus covid 19 melonjak di india
©Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran menunjukkan, foto yang memperlihatkan suasana di sebuah lokasi kremasi jenazah dan diklaim terkait melonjaknya kasus infeksi Covid-19 India adalah klaim yang salah.

Dilansir dari situs Alt News dalam artikel berjudul "Old image of burning pyres shared amid rising COVID deaths in India" yang diunggah pada 21 April 2021.

Artikel tersebut menyebutkan foto diunggah pada 25 Januari 2012 oleh Krishna Kumar. Ada gambar serupa lainnya yang diunggah di situs web di mana lokasinya diidentifikasi sebagai Manikarnika Ghat, Varanasi.

Manikarnika Ghat dianggap sebagai salah satu tempat kremasi paling suci di antara tepi sungai suci, di samping sungai Gangga, di kota Varanasi, Uttar Pradesh.

Alt News juga sempta menghubungi Krishna Kumar untuk melakukan konfirmasi atau foto tersebut, "Ya, saya mengklik gambar ini dari ponsel saya. Gambar menunjukkan Manikarnika ghat di Banaras. Saya mengupload gambar pada Januari 2012 tetapi mengkliknya satu atau dua bulan sebelum tanggal upload."

Kesimpulan

Klaim foto suasana kremasi di India akibat melonjaknya kasus Covid-19 adalah keliru. Faktanya, foto itu sudah lama dan diunggah pada Januari 2012. Jauh sebelum adanya virus Covid-19.

Foto itu memperlihatkan suasana di Manikarnika Ghat salah satu tempat kremasi paling suci di antara tepi sungai suci, di samping sungai Gangga, di kota Varanasi, Uttar Pradesh.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.altnews.in/no-image-of-this-cremation-ground-is-not-releted-to-recent-deaths-caused-by-covid-19-in-india/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4548517/cek-fakta-foto-ini-bukan-pembakaran-saat-india-diserang-covid-19 [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini