CEK FAKTA: Fakta Sebenarnya, Ganjar Bentangkan Kain Ulos di Marathon Borobudur 2022

Selasa, 6 Desember 2022 12:25 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Fakta Sebenarnya, Ganjar Bentangkan Kain Ulos di Marathon Borobudur 2022 Ganjar Pranowo ikut kegiatan Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022. Pemprov Jateng/jatengprov.go.id

Merdeka.com - Unggahan dengan narasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membentangkan syal bendera yang menyimbolkan LGBT, beredar di media sosial Twitter pada 7 November 2022.

Dalam unggahan berupa foto Ganjar sedang membentangkan sebuah kain warna-warni dan disandingkan dengan foto atlet bulu tangkis Jonatan Christie, membawa bendara merah putih.

"JUARA YG SATU INI SOK NKRI, TAPI ACUNGKAN SAL BENDERA LGBT,........
BUKAN PAKAI BENDERA MERAH PUTIH SEPERTI JUARA LAINNYA YG BANGGA DGN BENDERA INDONESIA..

LGBT SOK NKRI..................
NKRI TULEN......................"

cek fakta fakta sebenarnya ganjar bentangkan kain ulos di marathon borobudur 2022

©Twitter

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com melakukan penelusuran dengan mengunggah foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membentang sebuah syal ke situs Google Image. Hasilnya, foto yang sama diunggah beberapa situs berita.

Salah satunya, situs berita Kompas.com berjudul "Finish Bawa Kain Ulos, Ganjar Sebut Antusiasme Warga Medan di Borobudur Marathon 2022 Luar Biasa," diunggah pada 29 September 2022.

cek fakta fakta sebenarnya ganjar bentangkan kain ulos di marathon borobudur 2022
©Kompas.com 

Saat itu, Ganjar Pranowo mengikuti kegiatan Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 yang diselenggarakan di Istana Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (25/9/2022).

Sebelum memasuki garis finish, Ganjar berlari sambil mengangkat kain ulos pemberian salah satu warga yang menyaksikan kegiatan tersebut. Ganjar mengatakan, antusiasme warga Medan dalam menyambut gelaran Borobudur Marathon sangat luar biasa.

Meski cuaca dalam kondisi gerimis, peserta yang berjumlah lebih dari 1.000 orang itu dinilainya tetap antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Untuk diketahui, Medan merupakan kota ketiga yang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022.

Jadi kain yang dibentangkan Ganjar merupakan Ulos, kain khas suku Batak. Bukan syal LBGT seperti narasi beredar.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kain yang dibentangkan Ganjar merupakan Ulos, kain khas suku Batak. Bukan syal LBGT seperti narasi beredar. Ulos itu dibentangkan Ganjar saat memasuki garis finish Borobudur Marathon 2022.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/Mars_Sahsa/status/1589439701181923328
https://medan.kompas.com/read/2022/09/25/125821378/finish-bawa-kain-ulos-ganjar-sebut-antusiasme-warga-medan-di-borobudur
https://jatengprov.go.id/publik/serunya-friendship-run-borobudur-marathon-2022-di-medan-bareng-ganjar/

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini