CEK FAKTA: Disinformasi WHO Undang Menkes Terawan Karena Berhasil Menangani Covid-19

Selasa, 10 November 2020 16:36 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Disinformasi WHO Undang Menkes Terawan Karena Berhasil Menangani Covid-19 Menkes Terawan. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Informasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengundang Menteri Kesehatan Terawan karena sukses menangani Covid-19 di Indonesia. WHO mengundang Menkes Terawan untuk menceritakan pengalamannya menangani Covid-19.

disinformasi who undang menkes terawan
Liputan6

"DULU DIHINA DI MATA NAJWA, SEKARANG PRESTASINYA DIAKUI Dunia

Menteri Terawan dianggap berhasil oleh WHO dalam menangani COVID-19 di Indonesia.

Adalah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang mengundang Menkes Terawan untuk berbagi pengalamannya dalam menangani Covid-19.

Konferensi pers sendiri akan berlangsung secara virtual pada Jumat 6 November 2020, pukul 11.00 waktu Eropa.

Dalam konferensi pers tersebut, Menkes Terawan akan bersama tiga menteri kesehatan dari negara lain, dan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Ingat pak menteri yang satu ini, jarang keluar di media karena lebih suka bekerja dan menolak saat diundang wawancara di acara Mata Najwa, kemudian dilecehkan dengan wawancara kursi kosong ala Najwa

Pelan tapi pasti, kerja beliau berhasil dan diakui oleh WHO, bukti ini sudah cukup untuk membungkam kesombongan seorang Najwa Sihab, presenter arogan yang kecerdasannya ternyata jauh dari ekspektasi kita."

Penelusuran

Penjelasan terkait WHO undang Menteri Kesehatan Terawan dijelaskan dalam artikel liputan6 berjudul "WHO Bantah Puji Menkes Terawan Sukses Tangani COVID-19" pada 6 November 2020.

Artikel situs liputan6.com menyebutkan, Surat undangan WHO untuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beredar di media sosial. WHO mengundang Terawan berbagi pengalaman program Intra-Action Review (IAR).

Ketika dikonfirmasi ke pihak WHO, mereka mengklarifikasi bahwa ucapan "sukses" itu spesifik merujuk ke program IAR saja. Program IAR bahkan bisa dilaksanakan secara online.

"Itu artinya mereka telah menyelesaikan IAR dan dapat menerapkan pelajaran-pelajaran yang dipelajari, tak hanya untuk merespons pandemi terkini, tetapi untuk memperkuat sistem-sistem mereka untuk bersiap lebih baik dalam darurat kesehatan di masa depan," ujar jubir kantor pusat WHO di Jenewa kepada Liputan6.com, Jumat (11/6/2020).

Awalnya, WHO tidak mau menjawab apakah benar bila surat undangan itu ditafsirkan sebagai pujian bahwa Menteri Terawan sukses mengatasi pandemi di Indonesia.

WHO akhirnya menjawab bahwa para menteri hanya diundang karena program IAR.

"Kami mengundang menteri-menteri dari negara-negara yang telah menyelesaikan IAR untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan review mereka," ucap jubir WHO.

WHO menjelaskan bahwa IAR adalah proses review yang melibatkan pakar di bidang kesehatan masyarakat.

Kesimpulan

Informasi WHO undang Menkes Terawan karena sukses menangani Covid-19 adalah disinformasi. WHO mengundang Menkes Terawan untuk mendengar karena program IAR.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini