CEK FAKTA: Disinformasi Swab Tes Covid-19 Mal Paragon, Bukan di Solo Tapi Semarang

Selasa, 26 Mei 2020 19:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Disinformasi Swab Tes Covid-19 Mal Paragon, Bukan di Solo Tapi Semarang rapid dan swab test di Stasiun Bojong gede. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Sebuah foto saat rapid tes Covid-19 beredar di aplikasi pesan instan WhatsApp. Foto itu diklaim berada di Mall Paragon. Dalam foto terlihat banyak warga yang ingin melakukan tes swab Covid-19.

disinformasi tes swab di mal paragon solo
Kominfo

"Mall Paragon kena sidak,, bnyk yg di karantina"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi terkait foto itu adalah disinformasi. Dalam artikel solopos.com berjudul "Beredar Kabar Sidak & Tes Covid-19 di Mal Paragon Solo, Ini Faktanya!" pada 22 Mei 2020, dijelaskan bahwa kejadian dalam foto tidak berada di Mall Paragon Solo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Mal Paragon Solo pada Jumat (22/5/2020) pagi tidak terlihat aktivitas pengecekan kesehatan terkait Covid-19 di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Solo ini.

Selain itu, letak kedai Starbucks Coffe di Mal Paragon Solo jauh berbeda dengan foto yang beredar. Di mana foto yang beredar kedai Starbucks Coffe berada di dalam mal, sedangkan kedai Starbucks Coffe di Mal Paragon Solo terletak di bagian luar mal.

Kemudian dalam artikel Detik.com berjudul "Mal di Kota Semarang Diserbu Pengunjung, Petugas Gelar Tes Swab Acak" pada 20 Mei 2020, dijelaskan bahwa ada tes swab di Mall Paragon Semarang.

Petugas Dinkes Kota Semarang yang sudah memakai alat pelindung diri (APD) melakukan pendataan dan pengambilan sampel swab dengan alat yang sudah disiapkan.

Ratna menyambut baik adanya tes swab massal sehingga bisa tahu apakah terpapar Corona atau tidak. Ia mengaku baru pertama kali tes.

"Agak sakit tadi pas di hidung. Senang saja jadi bisa tahu hasilnya nanti," kata Ratna.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Semarang Fajar Purwoto mengatakan tes swab ini adalah permintaan dari manajemen Paragon Mall.

"Minta diadakan pemeriksaan, untuk kenyamanan pengunjung. Ini gratis," kata Fajar di Paragon Mall.

"Ini acak untuk 100 orang," sambungnya.

Hasil tes swab kemudian akan diberitahukan tiga hari lagi. Para pengunjung yang dites sudah mengumpulkan identitas, termasuk nomor ponsel.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Semarang Fajar Purwoto mengatakan tes swab ini adalah permintaan dari manajemen Paragon Mall.

"Minta diadakan pemeriksaan, untuk kenyamanan pengunjung. Ini gratis," kata Fajar di Paragon Mall.

"Ini acak untuk 100 orang," sambungnya.

Kesimpulan

Foto yang tersebar terkait adanya Rapid Tes Covid-19 di sebuah Mall Paragon adalah disinformasi. Tes tersebut bukan di Malm Paragon Solo, tetapi di Mall Paragon Semarang.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini