CEK FAKTA: Disinformasi Seluruh Peserta Kartu Prakerja Wajib Kembalikan Uang Bantuan

Selasa, 14 Juli 2020 10:38 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Disinformasi Seluruh Peserta Kartu Prakerja Wajib Kembalikan Uang Bantuan Situs Kartu Prakerja. ©2020 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Beredar informasi bahwa seluruh peserta pra kerja wajib mengembalikan uang bantuan yang sudah diberikan. Informasi tersebut beredar di media sosial. Informasi ini juga merujuk pada revisi Perpres Kartu Prakerja.

disinformasi kabar pengembalian uang bantuan prakerja

Kominfo

"Pak Jokowi Merivisi Perpes Kartu Prakerja.

Seluruh Peserta WAJIB KEMBALIKAN UANG BANTUAN

Yang mau nangis, atau mau ketawa. Waktu dan tempat dipersilahkan."

Penelusuran

Informasi terkait pengembalian uang bantuan dari kartu prakerja adalah disinformasi. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Jokowi Terbitkan Revisi Perpres Kartu Prakerja, Ketentuan Barunya" pada 10 Juli 2020, dijelaskan bahwa ada persyaratan khusus untuk mengembalikan uang bantuan dari kartu prakerja.

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 mengenai pelaksanaan program kartu prakerja. Perpres yang diteken 7 Juli ini merupakan perubahan atau revisi dari Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Kemudian peraturan pengembalian uang bantuan dijelaskan dalam Pasar 31B. Dalam pasal tersebut, disebutkan, kebijakan yang telah ditetapkan oleh Komite Cipta Kerja dan tindakan yang dilakukan dalam pelaksanaan program kartu prakerja oleh manajemen pelaksana sebelum Peraturan Presiden ini mulai berlaku, dinyatakan sah sepanjang didasarkan pada itikad baik.

Adapun kebijakan sebagaimana dimaksud dalam pasa 31B itu diantaranya adalah berupa kerja sama dengan platform digital, penetapan penerima Kartu Prakerja, program pelatihan yang telah dikurasi Manajemen Pelaksana dan dipilih penerima Kartu Prakerja, besaran biaya program pelatihan, insentif yang dibayarkan ke penerima Kartu Prakerja, dan besaran biaya jasa yang dikenakan platform digital ke lembaga pelatihan.

Selanjutnya, di dalam Pasal 31C mengatur ketentuan baru bagi peserta Kartu Prakerja yang tidak sesuai syarat namun telah menerima bantuan biaya pelatihan. Sesuai syarat, peserta Kartu Prakerja hanya diberikan kepada pekerja/buruh yang terkena PHK, pekerja/buruh yang dirumahkan, dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

"Penerima Kartu Prakerja yang tidak memenuhi ketentuan dan telah menerima bantuan biaya pelatihan atau insentif wajib mengembalikan bantuan biaya pelatihan dan/atau insentif tersebut kepada negara," katanya.

Dalam hal penerima Kartu Prakerja tidak mengembalikan bantuan biaya pelatihan dan atau insentif sebagaimana dimaksud di atas dalam jangka waktu paling lama 60 hari, maka manajemen pelaksana akan menggugat ganti rugi.

Kesimpulan

Kebijakan pengembalian bantuan dari Kartu Prakerja memang benar adanya. Namun tidak semua peserta Prakerja wajib mengembalikan uang bantuan tersebut. Jadi, informasi seluruh peserta prakerja wajib mengembalikan uang bantuan adalah disinformasi.

Peserta Kartu Prakerja yang wajib mengembalikan uang bantuan, yakni peserta yang tidak sesuai syarat namun telah menerima bantuan biaya pelatihan. Sesuai syarat, peserta Kartu Prakerja hanya diberikan kepada pekerja/buruh yang terkena PHK, pekerja/buruh yang dirumahkan, dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini