CEK FAKTA: Disinformasi Kabar Virus Covid-19 Masuk Melalui Ponsel

Selasa, 28 Juli 2020 13:04 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Disinformasi Kabar Virus Covid-19 Masuk Melalui Ponsel Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Kostenko Maxim

Merdeka.com - Informasi virus Corona atau Covid-19 masuk melalui ponsel beredar di media sosial Facebook. Informasi tersebut juga menambahkan foto Presiden Joko Widodo yang sedang menyampaikan keterangan pers.

disinformasi virus corona masuk lewat hp

Kominfo

"Jokowi, Virus corona bisa masuk melalui Hp Jadi Jangan kelamaan memegang hp".

Penelusuran

- Klaim Covid-19 masuk melalui ponsel

Dalam artikel kompas.com berjudul "Dokter: Virus Corona yang Menempel di "Handphone" Bisa Bertahan 5 Hari" pada 17 Juni 2020, dijelaskan bahwa virus Corona hanya menempel pada permukaan ponsel.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Junior Doctor Network, Edward Faisal mengatakan, masyarakat sebaiknya tidak bermain handphone saat berada di dalam KRL, busway, MRT atau alat transportasi umum lain.

Sebab, material pada handphone rentan menjadi medium penularan virus corona penyebab penyakit Covid-19.

"Menggukanan handphone saat berada di transportasi umum bisa meningkatkan tertular Covid-19. Mengapa, handphone ini kan bahan materialnya ada yang dari plastik dan metal, " ujar Edward dalam talkshow yang digelar secara daring oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (17/6/2020).

"Saat virus menempel di handphone kita, itu bisa bertahan hingga lima hari. Jangan salah ya (jangan anggap sepele)," kata Edward menegaskan.

Apabila ada penumpang lain yang berbicara, risiko penularan akan lebih meningkat.

Sebab, kata Edward, droplet yang keluar dari individu saat berbicara bisa bertahan 15 menit di udara.

Selain itu, di kerumunan penumpang juga bukan mustahil ada orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

- Foto Presiden Jokowi dalam informasi Covid-19 menempel di ponsel

Dikutip dari medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Jokowi Sebut Virus Korona Bisa Masuk Melalui HP? Simak Faktanya" pada 25 Juli 2020, dijelaskan foto tersebut diunggah oleh fotografer Antara Sigid Kurniawan saat Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait kebijakan penanganan covid-19 di Istana Kepresidenan Bogor pada 15 Maret 2020.

Dikutip dari Youtube Sekretariat Kabinet pada 15 Maret 2020, Presiden Jokowi membuat kebijakan agar proses belajar, bekerja dan menunda kegiatan dengan banyak peserta, dan meningkatkan pelayanan dan pengobatan Covid-19.

Kesimpulan

Klaim virus Corona masuk melalui ponsel adalah disinformasi. Virus Corona atau Covid-19 menempel pada ponsel dan virus bertahan selama lima hari.

Kemudian, foto Presiden Jokowi yang diunggah berbarengan dengan klaim Covid-19 masuk melalui ponsel adalah tidak benar. Foto Presiden Jokowi yang diunggah tidak ada kaitannya dengan klaim tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini