CEK FAKTA: Disinformasi Foto Presiden Jokowi Semasa Muda yang Beredar di Media Sosial

Jumat, 26 Juni 2020 17:02 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Disinformasi Foto Presiden Jokowi Semasa Muda yang Beredar di Media Sosial Presiden Joko Widodo. Liputan6

Merdeka.com - Sebuah foto Presiden Joko Widodo beserta teman-temannya semasa muda beredar di media sosial Facebook. Foto itu disebut-sebut diambil semasa Jokowi bekerja di perkebunan.

viral foto presiden jokowi semasa muda

Liputan6

"Met ulang tahun pak Jokowi, semoga panjang umur dan siap menerima apapun ke inginan rakyat tanpa harus banyak pertimbangan.

Ini foto beliau saat bekerja di perkebunan, untuk tahun nya saya lupa dan biarlah dari pada jadi kontroversi".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto tersebut memang Presiden Jokowi beserta teman-temannya. Namun bukan semasa Jokowi bekerja di perkebunan.

Dalam artikel Liputan6 berjudul "Cek Fakta: Ini Bukan Foto Lawas Presiden Jokowi Saat Bekerja di Perkebunan" pada 24 Juni 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut diambil saat Jokowi sedang mengikuti ekspedisi Gunung Kerinci.

"Penelusuran mengarah pada situs vidio.com, yang mengulas tentang foto tersebut dalam bentuk video yang di beri judul "Beredar Foto Lawas Jokowi, Bikin Heboh Warganet".

Video yang ditayangkan situs tersebut menampilkan foto yang identik dengan klaim. Tayangan tersebut menyebutkan, beredar foto lawas Presiden Jokowi yang membuat heboh warganet, foto tersebut bersumber dari unggahan akun instagram @M.BAHRUNNAJACH.

Data video yang ditampilkan situs tersebut bersumber dari artikel berjudul "Beredar Foto Lawas Jokowi Muda Telanjang Dada, Bikin Warganet Pangling" yang dimuat situs Liputan6.com, pada 12 Februari 2019.

Artikel tersebut menyatakan, dilihat dari latar belakang mobil tersebut, tampaknya Jokowi sedang mengikuti ekspedisi Gunung Kerinci. Orang nomor satu di Indonesia itu memang dikenal sebagai anggota aktif pencinta alam dari Universitas Gadjah Mada (Mapala Silvagama)."

Kesimpulan

Foto Presiden Jokowi beserta teman-temannya semasa Jokowi bekerja di perkebunan adalah disinformasi. Foto tersebut memang benar Presiden Jokowi, namun saat itu tampaknya Jokowi sedang mengikuti ekspedisi Gunung Kerinci.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini