CEK FAKTA: Disinformasi Foto Penampakan Jalan Trans Papua

Rabu, 8 Juli 2020 15:05 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Disinformasi Foto Penampakan Jalan Trans Papua Disinformasi Foto Penampakan Jalan Trans Papua. ©2020 Merdeka.com/ kominfo

Merdeka.com - Beredar sebuah foto di media sosial menampilkan jalan layang yang diklaim sebagai jalan layang Trans Papua yang dibangun Presiden Jokowi.

Foto jalan layang yang diklaim jalan layang Trans Papua diunggah akun Facebook Efendi Baharudin, dengan narasi sebagai berikut:

Alamak , Kenikmatan apalagi yg akan didustakan, sekarang Papua mempunyai jalan Trans Papua yg kinclong dan mulus. Papua dapat menikmati ini setelah 74 tahun merdeka, terlambat memang, tetapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.
Terimakasih pak Presiden,terimakasih pak Jokowi

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim foto penampakan jalan Trans Papua yang beredar di media sosial. Hasil penelusuran ditemukan foto tersebut bukanlah foto penampakan jalan Trans Papua.

Namun foto tersebut adalah foto kendaraan yang melintas di ruas tol Cipularang Jawa Barat. Seperti foto headline artikel Katadata.co.id berjudul "Per 1 November, Tarif 15 Ruas Tol Naik." yang dimuat pada 30 November 2016.

disinformasi foto penampakan jalan trans papua
©2020 Merdeka.com/ Katadata

Dalam foto di artikel tersebut terdapat keterangan foto "Kendaraan melintas di ruas tol Cipularang Jawa Barat".

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com proyek Trans Papua ini memiliki total panjang sekitar 4.330,07 kilometer (Km). Pengerjaannya terbagi dalam dua provinsi, yakni di Papua Barat sepanjang 1.070,62 Km, dan di Papua dengan panjang total 3.259,46 Km.

Saat ini, jalan Trans Papua di Papua Barat telah tembus seluruhnya. Sedangkan, yang terletak di Provinsi Papua hingga akhir 2017 lalu baru tersambung sekitar 2.907 Km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pengerjaan jalan perbatasan di Papua pun terhambat oleh persoalan serupa, yakni sulitnya medan di lokasi pembangunan. Seperti pada segmen Oksibil ke Tanah Merah yang harus menembus perbukitan.

"Medannya tinggal sedikit, tapi kan itu karena medannya pegunungan di tengah itu jadi sangat berat. Yang lainnya dari Merauke ke Boven Digoel sudah nyambung. Tinggal antara Oksibil itu yang belum," terangnya, Kamis (18/4/2019).

Proyek jalan perbatasan di Papua sendiri memiliki total panjang 1.098,24 Km yang terhubung dari Jayapura hingga Merauke. Pengerjaannya dibagi dalam tiga segmen, yakni Segmen I Jayapura-Yarso-Waris-Yetti sepanjang 128,18 Km, Segmen II Yetti-Ubrub-Oksibil sejauh 301,74 Km, serta Segmen III Oksibil-Tanah Metah-Muting-Merauke sepanjang 668,32 Km.

Kesimpulan

Foto yang diklaim penampakan jalan Trans Papua adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan foto rual jalan tol Cipularang Jawa Barat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini