CEK FAKTA: Bunga Kitolod Tidak Bisa Menyembuhkan Katarak

Kamis, 14 Oktober 2021 10:28 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Bunga Kitolod Tidak Bisa Menyembuhkan Katarak Penyebab Katarak. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar informasi di Facebook terkait penggunaan bunga kitolod yang diklaim dapat menyembuhkan penyakit mata katarak, mata minus dan plus, bahkan tumor mata.

Informasi tersebut juga menyertakan cara mengonsumsinya. Masukkan bunga kitolod segar ke satu gelas air putih. Tutup gelas serta diamkan selama 5 menit, lantas pakai air rendaman bunga ini untuk merambang atau merendam mata. Lakukan dengan cara teratur, setiap hari sehingga keadaan serta kondisi penyakit katarak yang di derita sembuh.

bunga kitolod tidak bisa menyembuhkan katarak
Liputan6.com

Penelusuran

Dilansir dari Liputan6.com, dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM (K) dari Jakarta Eye Center, mengatakan, bunga kitolod tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan mata katarak.

Dr Budi menambahkan, bunga kitolod juga belum teruji secara ilmiah dapat menyembuhkan mata katarak.

"Waduh, enggak ada deh bunga untuk menyembuhkan mata katarak. Belum ada bukti ilmiahnya," ujar dr Budi.

Menurut Ahli Vitreo Retina, dr. Gitalisa Andayani, Sp.M (K) juga mengatakan bungan kitolod tidak bisa menyembuhkan katarak.

"Jadi, menurut profesi kami, khasiat bunga kitolod untuk katarak adalah hoax kesehatan," kata dr Gita.

Dr Gita tak menampik, banyak berita yang menyatakan bahwa daun kitolod atau "bunga katarak" bermanfaat menangani gangguan mata termasuk katarak.

Kandungan daun kitolod dilaporkan mengandung komponen ethanol termasuk alkaloid, tannin, flavinoid, saponin, dan steroid.

"Sebelum kita mempercayai manfaat tanaman di atas, kita perlu memahami bahwa katarak adalah keruhnya lensa mata kita secara perlahan, akibat proses degenerasi atau penuaan," tutur dr Gita.

Dr Gita menjelaskan, pengobatan yang tepat untuk katarak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika katarak masih fase awal, bisa ditanggulangi dengan kacamata. Namun bila sudah menyebabkan kekeruhan signifikan dan sangat mengganggu, harus dilakukan operasi.

"Operasi katarak modern saat ini sudah dilakukan di berbagai RS dan klinik di tanah air, termasuk menggunakan BPJS, dengan dokter terlatih dan peralatan modern. Komplikasi sangat rendah," tutup dr Gita.

Kesimpulan

Klaim khasiat bunga kitolod untuk menyembuhkan mata katarak adalah tidak benar. Faktanya, pengobatan katarak masih fase awal, bisa ditanggulangi dengan kacamata. Apabila sudah menyebabkan kekeruhan signifikan dan sangat mengganggu, harus dilakukan operasi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4683174/cek-fakta-tidak-benar-bunga-kitolod-bisa-menyembuhkan-katarak [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini