CEK FAKTA: BUMN Danai Acara Nusantara Bersatu yang Dihadiri Jokowi? Simak Faktanya

Kamis, 1 Desember 2022 13:00 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: BUMN Danai Acara Nusantara Bersatu yang Dihadiri Jokowi? Simak Faktanya Jokowi hadiri Nusantara Bersatu. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sebuah unggahan menyebut acara relawan dengan Presiden Jokowi bertajuk Nusantara Bersatu diklaim didanai oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Unggahan itu beredar dan viral di media sosial. Acara itu dihadiri langsung Presiden Jokowi di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11) lalu.

Dalam narasi yang beredar, Kementerian BUMN menganggarkan Rp100 juta untuk acara temu kangen relawan dengan Jokowi tersebut.

Narasi tersebut berbunyi;

"WOW! Sekjen Projo Pertama Ungkap Anggaran Acara Relawan Jokowi di GBK Hampir Rp100 Miliar. Proposal kegiatan ini diajukan ke bbrp BUMN @KemenBUMN, ✅ WOW seandainya anggaran ini dialihkan untuk korban bencana di Cianjur, pasti luar biasa manfaatnya."

cek fakta bumn danai acara nusantara bersatu yang dihadiri jokowi simak faktanya
©Twitter

Penelusuran

Menteri BUMN Erick Thohir membantah bahwa Kementerian BUMN terlibat dalam acara Nusantara Bersatu. Dia menegaskan, tidak ada aliran dana dari kementeriannya dalam tersebut. Erick bahkan berani menjamin BUMN tidak terlibat.

Erick meminta pihak yang menghembuskan isu itu segera membuktikan. Dia berjanji sendiri yang bakal menangkap orang tersebut jika benar.

"Bahwa itu tidak benar ada aliran dana dari BUMN. Silakan periksa. Kalau memang ada, saya tangkap direksinya," ujar Erick saat rapat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (29/11).

Erick mengaku tak bisa melarang para komisaris ikut kegiatan politik di luar jam kerja. Menurut dia, banyak komisaris juga yang memiliki kegiatan lain di luar BUMN.

"Tapi kalau aliran dana sudah disebutkan kok, sudah ada beberapa anggota DPR bicara tidak benar. Kita hidup itu jangan saling menuduh. Tetapi kalau ada fakta dan ini silakan. Ini karena keterbukaan," tegas Erick.

Kesimpulan

Menteri BUMN Erick Thohir bantah BUMN biayai acara Nusantara Bersatu yang dihadiri Presiden Jokowi. Erick berani menjamin BUMN tidak terlibat dalam acara tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/politik/erick-thohir-soal-isu-bumn-biayai-acara-relawan-kalau-ada-saya-tangkap-direksinya.html

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini