CEK FAKTA: Beredar Video Perindo Dukung Anies Capres 2024, Ini Faktanya

Kamis, 1 Desember 2022 15:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Beredar Video Perindo Dukung Anies Capres 2024, Ini Faktanya Anies Baswedan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Video bernarasi Partai Perindo resmi usung Anies Baswedan sebagai Capres 2024 beredar di YouTube. Video berdurasi delapan menit 7 detik itu memperlihatkan kebersamaan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo bersama Anies Baswedan dalam sebuah pertemuan.

Video tersebut berjudul;

"SAH!! PARTAI PERINDO RESMI DEKLARASIKAN ANIES, HARYTANOE SIAPKAN JARINGAN MNC GROUP|| BERITA TERKINI," diunggah pada 5 November 2022.

cek fakta beredar video perindo dukung anies capres 2024nbspininbspfaktanya
©YouTube

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Penelusuran cek fakta merdeka.com, mula-mula menonton secara keseluruhan isi video tersebut. Hasil tidak ditemukan pernyataan terkait deklarasi Anies sebagai capres oleh partai Perindo.

Video kebersamaan Anies dengan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo identik dengan video yang diunggah akun YouTube Seputer iNews pada 21 September 2022. Berjudul, "Hary Tanoesoedibjo Silaturahmi Sambil Diskusi Jakarta dengan Anies Baswedan #SeputariNewsSiang 21/09".

Saat itu Hary Tanoesoedibjo (HT) mengapresiasi kepemimpinan Anies Baswedan selama lima tahun menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Menurutnya, banyak perubahan di masa pemerintahan Anies yang sesuai dan berdampak positif bagi kehidupan warga Jakarta. Dengan semua kemajuan selama dipimpin Anies, HT menilai Jakarta layak dijadikan rujukan bagi kepala daerah lain tentang bagaimana mengelola suatu daerah.

HT menjelaskan, saat pertemuan berlangsung berdiskusi tentang apa saja yang telah dilakukan Anies tentang perbaikan di Jakarta. Salah satunya, terkait penanganan banjir yang menjadi masalah langganan di Ibu Kota. Dalam pertemuan tersebut dijelaskan, meski masih ada banjir namun tidak separah tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu lantaran suksesnya program penanganan banjir yang digadang oleh Anies beserta jajarannya berupa sumur resapan. Terkait waktu surutnya banjir pun sudah memiliki batas maksimal, yakni enam jam.

"Ternyata banyak hal yang dicapai yang sangat luar biasa yang mungkin tidak terlalu diberitakan oleh media, sehingga banyak yang tidak tahu," ujar HT.

Sedangkan narator dalam video tersebut, berisi tentang pendapat dari pengamat politik Faizal Assegaf, terkait adanya pertemuan dari tokoh politik Surya Paloh, Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono yang digagas oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Faizal menyebut pertemuan keempat tokoh itu demi duet Anies Baswedan dan Puan Maharani menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Rumor waktu dekat akan ada pertemuan Megawati, Surya Paloh & SBY. Jk terjadi maka jelas pasangan Anies-Puan akan jd kekuatan politik rekonsiliasi yg efektif menyatukan rakyat.

Sinyal tersebut telah digulirkan PKS & NasDem, menunggu sikap legowo Mega & SBY utk berkompromi.

Surya Paloh & NasDem dilematis menentukan pilihan:

1. Anies - AHY.
2. Anies - Puan.

Tampaknya SBY & Megawati sdh deal di balik layar utk usung Anies-Puan sbg upaya penyatuan rakyat guna mengusung lahirnya rezim rekonsiliasi pd 2024 dlm menghadapi krisis politik & ekonomi," tulis di akun Twitternya @faizalassegaf, pada 23 Agustus 2022.

Terkait capres, Perindo belum mengumumkan akan mendukung atau mengusung dalam Pilpres 2024. HT mengatakan partainya akan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo dalam menentukan calon presiden pada Pilpres 2024. Pasalnya, Perindo menginginkan keberlanjutan pembangunan dan Jokowi sudah terbukti menjadi pemimpin yang berhasil mulai dari wali kota Solo, gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden.

“Sikap Partai Perindo jelas dan tegas ikut arahan Pak Jokowi, jadi kita ingin ada keberlanjutan yang maksimal,” ujarnya usai acara HUT ke-8 Partai Perindo, dikutip dari beritasatu.com, di Jakarta, Senin (7/11/2022).

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video yang mengklaim Perindo telah deklarasi mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 adalah keliru. Sampai saat ini Perindo, belum mengumumkan akan mendukung atau mengusung Capres dalam Pilpres 2024.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=V1VAgMNZlfk
https://www.youtube.com/watch?v=J3xTbMoah1Q
https://twitter.com/faizalassegaf/status/1561946691439558656
https://www.inews.id/news/nasional/hary-tanoe-puji-anies-kemajuan-jakarta-bisa-jadi-contoh-bagi-daerah-lain
https://www.beritasatu.com/news/997365/hary-tanoe-pastikan-perindo-ikut-arahan-jokowi-soal-capres-2024

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini