CEK FAKTA: Beredar Video Penampakan Sel Tahanan Ferdy Sambo Benarkah?

Kamis, 29 September 2022 18:10 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Beredar Video Penampakan Sel Tahanan Ferdy Sambo Benarkah? Rekontruksi Pembunuhan Brigadir J di Rumah Dinas Ferdy Sambo. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Video yang diklaim penampakan kondisi sel tahanan Ferdy Sambo, tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J beredar di media sosial. Video berdurasi 20 menit 12 detik memperlihatkan tayangan Mata Najwa sedang mendatangi lembaga permasyarakatan (Lapas).

Najwa Shihab dan sejumlah orang mengecek ruangan-ruangan yang ada di lapas tersebut. Pada tayangan selanjutnya terlihat foto-foto dari Ferdy Sambo, baik ketika memakai baju polisi dan saat mengenakan baju tahanan berwarna oranye.

Video itu kemudian terdapat narasi bahwa sel tahanan Ferdy Sambo kosong saat disidak.

"SIDAK SEL TAHANAN SAMBO TERNYATA ISINYA KOSONG," demikian narasi dalam video itu.

cek fakta beredar video penampakan sel tahanan ferdy sambo benarkah
©Liputan6.com

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "mata najwa sidak lapas" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Hasilnya terdapat video identik berjudul "Mata Najwa Part 1 - Pura-Pura Penjara: Sel Mewah Luthfi Hasan Ishaaq di Lapas Sukamiskin" yang dimuat channel YouTube Najwa Shihab pada 2018 lalu.

"Setelah peristiwa tangkap tangan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein oleh KPK, Mata Najwa mengikuti sidak bersama Dirjen PAS Kemenkumham Sri Puguh di Lapas Sukamiskin, Bandung, Minggu 22 Juli 2018.

Di awal sidak, Mata Najwa memasuki tiga kamar narapidana kasus korupsi yakni, mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan adik mantan Gubernur Banten Atut Chosiyah dan Mantan Ketua MK, Akil Mochtar.

Kamar sel milik Luthfi Hasan Ishaaq sangat mewah untuk ukuran penjara. Di dalamnya terdapat toilet duduk, alat olahraga sepeda statis, microwave, dan dispenser.

Selain itu, Luthfi juga memiliki ruang kerja beserta peralatan kantor yang lengkap. Tak jauh dari kamar Luthfi, terdapat kamar Wawan yang selnya sempat disegel KPK. Saat itu, Wawan diketahui tidak berada di dalam kamar selnya," tulis channel YouTube Najwa Shihab.

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai penampakan sel tahanan Ferdy Sambo kosong adalah keliru. Faktanya, video tersebut merupakan sidak yang dilakukan Najwa Shihab ke lapas Sukamiskin pada Juli 2018.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=Tdun0At0XFg
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5080625/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-penampakan-sel-tahanan-ferdy-sambo

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini