CEK FAKTA: Beredar Video Jokowi di Tahun 2020 Sebut Sopir & Kenek Dapat Bantuan

Senin, 12 Juli 2021 18:55 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Beredar Video Jokowi di Tahun 2020 Sebut Sopir & Kenek Dapat Bantuan Jokowi beri pernyataan terkait penanganan Covid-19. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Beredar kembali video pernyataan Presiden Joko Widodo soal bantuan untuk sopir dan kenek. Dalam potongan video berdurasi 28 detik itu, tertulis kalimat "sopir mobil pick up dapat gak pak,,"

Potongan video diambil dari tayangan tvone berjudul "POLRI AKAN MELAKUKAN PROGRAM KESELAMATAN".

video jokowi sebut ada bantuan untuk sopir dan kenek
istimewa

"Sopir bus atau truk dan kenek akan diberikan insentif Rp600 ribu per bulan selama 3 bulan. Anggaran yang disiapkan disini adalah sebesar Rp360 miliar," kata Presiden Jokowi dalam video tersebut.

Penelusuran

merdeka.com melakukan penelusuran untuk mengetahui kebenaran informasi dalam unggahan itu. Hasilnya, video telah beredar sejak April 2020.

Mengacu pada artikel merdeka.com berjudul "Jokowi Sebut Polri Bagikan Rp600 Ribu ke Sopir Taksi, Truk, Bus dan Kernet" pada 9 April 2020, dijelaskan bahwa program ini mirip dengan program kartu prakerja.

Presiden Joko Widodo merilis sejumlah bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19, khususnya di wilayah Jabodetabek. Selain mereka yang sudah tercatat by name by address oleh pemerintah, Presiden Joko Widodo mengatakan juga ada bantuan tambahan Rp360 miliar daru Polri yang akan dibagikan Rp600 ribu per bulan ke masyarakat.

"Polri juga akan melaksanakan program keselamatan. Ini seperti program kartu prakerja, yakni program keselamatan oleh Polri kepada sopir taksi, truk, bus, dan kernet," kata Presiden Joko Widodo saat jumpa pers daring, Kamis (9/4).

Jokowi menambahkan, bantuan tersebut akan dikombinasikan dengan bantuan sosial pemerintah dan sejumlah pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Polri dengan jumlah penerima mencapai 197 ribu orang.

"Jadi ini kombinasi bansos dan pelatihan, akan diberikan selama 3 bulan. Anggarannya disiapkan Rp360 miliar," jelas Jokowi.

Kemudian dalam artikel liputan76 berjudul "Begini Tahap Penyaluran Bansos Corona Rp 600 Ribu dari Polri untuk 197 Ribu Lebih Sopir" pada 16 April 2020, dijelaskan tahapan pemberian bantuan.

Penyalurannya sendiri akan dilakukan serentak di 34 provinsi yang terbagi dalam tiga tahapan.

Tahap I mulai 15 April hingga 15 Mei 2020, tahap II mulai 16 Mei hingga 15 Juni 2020, dan tahap III mulai 16 Juni hingga 15 Juli 2020.

"Kami berharap program keselamatan ini dapat berjalan tertib dan peserta yang mendapatkan bantuan ini tepat sasaran," jelas Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangannya, Kamis (16/4/2020).

Secara teknis, lanjut Istiono, pihaknya menggandeng Bank BRI untuk mengirim dana sosial tersebut melalui buku tabungan dan kartu debit. Hal itu demi tetap menerapkan physical distancing dan social distancing.

Kesimpulan

Video Presiden Jokowi menyebut ada bantuan untuk sopir dan kenek adalah video lama sudah beredar sejak April 2020. Program tersebut berakhir pada 15 Juli 2020 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini