CEK FAKTA: Benarkah Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Asap Rokok?

Jumat, 19 Februari 2021 11:34 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Benarkah Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Asap Rokok? Ilustrasi rokok. ©Shutterstock/Nomad_Soul

Merdeka.com - Beredar sebuah unggahan di sosial media Facebook yang bernarasi virus corona Covid-19 bisa menyebar lewat asap rokok.

Unggahan tersebut disertai artikel dengan judul "Awas! Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Asap Rokok".

benarkah corona menyebar lewat asap rokok

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim Covid-19 bisa menyebar lewat asap rokok. Dilansir dari CNN Indonesia berjudul "Ahli Komentari Asap Rokok dan Penularan Corona via Udara" diunggah pada 12 Juli 2020 lalu.

Ahli epidemiologi Universitas Airlangga Surbaya, Windhu Purnomo menegaskan asap rokok tidak menyebarkan virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19).

Malah kata Windhu, seorang perokok yang terinfeksi Covid-19 risiko kematiannya lebih tinggi dibanding yang bukan perekok. Sebab, tanpa mereka sadari asap rokok itu sudah merusak sebagian saluran pernafasan.

"Asap rokoknya sendiri tidak menyebarkan virus corona. Malah perokok tanpa mereka sadari sudah merusak sebagian saluran nafas, jadi artinya risiko untuk meninggal lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok," tutur Windhu saat dihubungi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Menyoal penularan virus corona Covid-19 lewat udara atau transmisi airborne kata Windhu, yang dimaksud Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah bukan ada di udara bebas. Tetapi airborne dari hasil dari keluarnya droplet.

Penyebaran Covid-19 lewat udara yang telah tercampur droplet tadi kebanyakan muncul di dalam ruangan tertutup, seperti di bioskop. Sebab, Windhu menilai sirkulasi udara di dalam bioskop tidak begitu baik.

"Jadi droplet itu misalkan di gedung bioskop merupakan ruangan tertutup, ventilasi dan sirkulasi udaranya tidak baik karena pakai AC," kata Windhu.

"Misal ada orang bersin dan kebetulan mungkin melepas masker, maka percikan dropletnya tadi sebagian akan turun ke bawah namun molekul droplet yang lebih kecil yaitu di bawah 5 mikrometer itu akan melayang-layang di udara," tambahnya.

Molekul droplet yang lebih kecil dan melayang-layang di udara itu kata Windhu dapat bertahan sampai 8 jam.

Kesimpulan

Virus Covid-19 bisa menyebar lewat asap rokok tidak benar. Namun, droplet (percikan liur) yang bisa menularkan Covid-19 ke orang lain bukan asap rokoknya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Covid 19
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini