CEK FAKTA: Beberapa Sayuran Ini Berbahaya Bagi Ibu Hamil? Ini Faktanya

Rabu, 19 Mei 2021 14:09 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Beberapa Sayuran Ini Berbahaya Bagi Ibu Hamil? Ini Faktanya Ilustrasi pare. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Narasi menyebut beberapa sayuran tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena berbahaya tersebar di media sosial Facebook. Pada edaran tersebut, dikatakan sayuran yang dilarang dimakan oleh ibu hamil, seperti; daun pepaya yang diklaim berbahaya karena memicu ari-ari menjadi rapuh saat hamil.

Kemudian larangan mengkonsumsi lalapan mentah, sebab mengandung pestisida yang menyebabkan keguguran. Selain itu, konsumsi pare saat hamil bisa memicu kelahiran prematur.

Ibu hamil juga dilarang makan toge karena jika mengonsumsi toge secara berlebihan ditakutkan akan mengalami gangguan pada kehamilan.

Penelusuran

Hasil penelusuran yang dilakukan merdeka.com terkait beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut adalah keliru.

Penjelasan dari dokter kandungan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, dr Boy Abidin, tidak ada kaitan antara konsumsi daun pepaya dengan ari-ari rapuh.

"Enggaklah. Tidak ada kaitannya daun pepaya sama ari-ari. Daun pepaya sih aman-aman saja," kata Boy dilansir dari Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Menurut Boy, ari-ari yang rapuh biasanya disebabkan karena infeksi atau ada masalah dengan proses pembentukan ari-ari sejak awal.

Selain itu dr.Boy menjelaskan, ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sudah dimasak atau matang. Ibu hamil, diminta menghindari makanan mentah demi mengurangi risiko kuman yang masuk dalam tubuh seperti lalapan mentah dan taoge. Namun, bukan berarti ibu hamil dilarang makan sayur mentah.

Mengenai pare, Boy mengatakan bahwa pare tidak berbahaya asalkan tidak dikonsumsi berlebih. Hal sama juga berlaku untuk kangkung.

Boy menyarankan agar kangkung dicuci dan dimasak sampai matang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Lebih lanjut, Boy menjelaskan bahwa kunci untuk mengonsumsi sayur bagi ibu hamil adalah faktor kebersihan untuk memperkecil risiko adanya kuman-kuman yang masuk ke saluran pencernaan. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang harus tetap diutamakan bagi ibu hamil termasuk sayur karena menjadi kebutuhan.

Kesimpulan

Konsumsi sayuran seperti toge, pare dan sayuran mentah bisa membahayakan ibu hamil tidak benar. Kunci untuk mengonsumsi sayur bagi ibu hamil adalah faktor kebersihan untuk memperkecil risiko adanya kuman-kuman yang masuk ke saluran pencernaan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/16/093000965/ramai-soal-sayuran-yang-berbahaya-bagi-ibu-hamil-ini-penjelasan-dokter-?page=all#page2 [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini