CEK FAKTA: Air Rebusan Daun Sirih Tidak Bisa Sembuhkan Katarak

Jumat, 22 Oktober 2021 11:39 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Air Rebusan Daun Sirih Tidak Bisa Sembuhkan Katarak Ilustrasi Daun Sirih Merah. Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Daun sirih diklaim bisa menyembuhkan penyakit katarak beredar di media sosial. Dalam unggahannya, disebutkan caranya, pertama dengan masukkan daun sirih sebanyak 10-20 lembar ke dalam air mendidih sampai air berubah warna hijau, kemudian tiriskan.

Air tersebut jangan diminum, tetapi dekatkan air tadi ke dekat mata supaya uapnya masuk ke dalam bola mata.Ingat cairan tersebut tidak boleh diminum.

Disebutkan pula cara yang kedua dengan tumbuk daun sirih, kemudian simpan tumbukan daun sirih di bawah bola mata Anda, jangan tempel langsung ke mata. Cara ini diklaim bisa sembuhkan katarak.

Penelusuran

Setelah ditelusuri, daun sirih tidak bisa menyembuhkan katarak. Seperti dilansir dari Liputan6.com, dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM (K) dari Jakarta Eye Center. Dr Budi menyebutkan, belum ada penelitian mengenai air rebusan daun sirih untuk menyembuhkan mata katarak.

"Sampai saat ini tidak ada daun-daunan yang digunakan untuk menyembuhkan katarak," kata dr Budi.

Sementara itu, dr. Ferdiriva Hamzah seorang dokter spesialis mata di RS Mata Jakarta Eye Center (JEC), mengatakan rendaman air sirih atau bunga-bungaan lainnya untuk mengobati mata, sebaiknya hentikan kebiasaan ini.

"Buat kamu yang masih menggunakan rendaman air sirih atau bunga-bungaan lainnya untuk mengobati mata, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Karena jika kornea kamu luka disiram air rendaman tersebut maka dapat menimbulkan pertumbuhan jamur di matamu," ujarnya.

Kesimpulan

Daun sirih yang diklaim bisa sembuhkan katarak adalah tidak terbukti. Faktanya, rendaman air sirih bisa membahayakan bagi mata, misalnya dapat menimbulkan pertumbuhan jamur di mata.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4686520/cek-fakta-tidak-benar-air-rebusan-daun-sirih-bisa-sembuhkan-katarak [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini