CEK FAKTA: Air Nanas Bisa Bunuh Sel Kanker? Ini Faktanya

Selasa, 8 Juni 2021 18:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Air Nanas Bisa Bunuh Sel Kanker? Ini Faktanya Ilustrasi jus nanas. ©factorydetails.com

Merdeka.com - Sebuah informasi beredar di media sosial mengatakan bahwa air nanas panas dapat membunuh sel kanker. Caranya dengan memotong 2-3 serpihan nanas dan tambahkan air panas, lalu diminum.

Disebutkan juga air nanas akan berubah menjadi air alkali yang dapat diminum setiap haru. Selain itu, air nanas juga diklaim bisa membunuh kuman dan racun dalam tubuh.

Berikut narasinya:

Nanas panas ~ dapat membunuh sel kanker!

Potong 2-3 serpihan nanas tipis dalam secangkir, tambahkan air panas, itu akan menjadi "air alkali", minum setiap hari, itu baik untuk siapa saja.

Air nanas panas melepaskan zat anti kanker, yang merupakan kemajuan terbaru dalam pengobatan kanker yang efektif di bidang medis.

Sari buah nanas panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor. Terbukti untuk memperbaiki semua jenis kanker.

Air nanas panas dapat membunuh semua kuman dan racun dari dalam tubuh akibat dari alergi

Jenis pengobatan dengan ekstrak nanas hanya menghancurkan sel-sel ganas, itu tidak mempengaruhi sel-sel sehat.

Selain itu, asam amino dan polifenol nanas dalam jus nanas dapat mengatur tekanan darah tinggi, efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam, menyesuaikan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.

Setelah membaca, beri tahu yang lain, keluarga, teman, sebarkan cinta! Jaga kesehatan Anda sendiri.

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari Kompas.com Ketua DPP Bidang Ilmiah Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Dr Marudut Sitompul menjelaskan, bahwa penelitian terkait nanas terhadap kanker masih butuh penelitian lebih lanjut.

"Ini kan penelitian-penelitian terserak yang perlu dikumpulkan meta analisisnya. Sehingga kita tidak bisa langsung menyimpulkan," kata Marudut.

Ia mencontohkan salah satu penelitian pada 2019, mengenai kandungan bromelain dalam nanas yang berkaitan dengan kanker. Penelitian itu berjudul "Bromelain menghambat kemampuan sel kanker kolorektal untuk berkembang biak melalui aktivasi produksi ROS dan autophagy" yang diterbitkan Institut Kesehatan Nasional AS (NIH).

Bromelain merupakan enzim yang memproduksi zat pencegah terjadinya inflamasi atau peradangan. Namun, penelitian tersebut tidak menyebut penderita kanker atau sel kanker dengan mengkonsumsi nanas maupun air rendamannya.

"Penelitian yang dilakukan tahun 2019 itu, bromelain bisa menyebabkan penghambatan pada sel kanker. Tetapi untuk bisa berfungsi seperti itu pada mereka yang (terkena) kanker itu banyak faktor yang harus diperhatikan," jelas Marudut.

Faktor yang ia maksud, meliputi stadium kanker yang diderita dan status kesehatan pasien. Misalnya jika antioksidan di dalam hati pasien ada pada level yang sangat rendah, maka kondisi ini bisa masuk ke dalam salah satu faktor. Oleh sebab itu, butuh investigasi lebih lanjut terkait penelitian ini.

"Maka kesimpulan penelitiannya di 2019 itu dikatakan it is need further investigation, jadi ini dibutuhkan investigasi, penyelidikan, penelitian lainnya supaya kita bisa menyampaikan bahwa ini bisa mengobati kanker," terang Marudut.

Ia menjelaskan, nanas memiliki pH sekitar 4 dan bersifat asam. Apabila nanas direndam air dan difermentasi, maka bakteri lactic acid akan masuk ke dalamnya dan membuatnya menjadi semakin asam. Proses perendaman nanas itu bisa jadi dimaksudkan untuk membuatnya memiliki kadungan antioksidan tinggi seperti cuka apel.

"Ini yang berpengaruh untuk antioksidan dan dia akan berperan sebagai antiiflamasi," katanya.

Kandungan ini memang mampu mengatasi beberapa penyakit. Namun, seperti yang ia sebutkan sebelumnya, penelitian tentang nanas masih perlu penyelidikan lebih lanjut sehingga tidak dapat disimpulkan. Lebih dari itu, Marudut memastikan bahwa buah nanas memang memiliki kandungan yang baik.

"Nanas itu bagus. Baik dimakan fresh atau sebagai cuka nanas," imbuh dia.

Kesimpulan

Informasi terkait air nanas bisa membunuh sel kanker tidak benar. Faktanya, anjuran tersebut tidak memiliki dasar ilmiah. Sebabnya, belum ada bukti studi ilmiah yang menunjukkan bahwa air nanas dapat mengobati kanker.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/07/123000165/hoaks-rendaman-nanas-dan-air-panas-bisa-membunuh-sel-kanker?page=all#page2 [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Nanas
  4. Kanker
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini