5 Hoax pasca kecelakaan pesawat Lion Air JT610, ini kejadian sebenarnya

Rabu, 31 Oktober 2018 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
5 Hoax pasca kecelakaan pesawat Lion Air JT610, ini kejadian sebenarnya Lion Air 737 MAX 8. ©2018 Airways Magazine

Merdeka.com - Banyak kabar-kabar bohong yang tersebar pasca kecelakaan pesawat Lion Air JT610, Senin (29/10). Berita bohong tersebut tersebar di media sosial seperti Facebook, Twitter dan pesan instan Whatsapp. Lebih parahnya lagi, warganet menyebar kabar bohong itu tanpa dicari tahu kembali kebenarannya.

Seperti dikutip merdeka.com dari berbagai sumber, berikut kabar-kabar hoax atau bohong yang tersebar di dunia maya. Dan ini kejadian yang sebenarnya:

1 dari 5 halaman

Postingan hoax bayi selamat dari kecelakaan

Foto Hoaks Lion Air. ©Twitter @Sutopo_PN

Sebuah foto yang memperlihatkan seorang bayi selamat dari kecelakaan. Foto itu menyebutkan bahwa bayi itu selamat dari kecelakaan Lion Air JT610. Namun berita itu bohong.

"Foto yang beredar di media sosial yang memperlihatkan seorang bayi dengan caption satu bayi korban pesawat Lion Air JT-610 ‘selamat terombang ambing di laut’ adalah hoaks . Faktanya, foto tersebut merupakan salah satu penumpang selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada 3 Juli 2018." tulis Kominfo.

2 dari 5 halaman

Foto hoax bangkai pesawat di pinggir laut

Foto Hoaks Lion Air. ©Twitter @Sutopo_PN

Sebuah foto mirip maskapai Lion Air yang terbelah dua juga ikut tersebar di media sosial. Foto itu menyebutkan bangkai Pesawat Lion Air JT610 yang ditemukan. Dan itu hoaks.

"Foto yang digunakan dalam postingan tersebut bukan merupakan kondisi pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada 29 Oktober 2018.  Faktanya foto tersebut adalah kondisi pesawat Lion Air JT-904 dalam penerbangan Banjarmasin-Bandung-Denpasar yang terbelah di laut Bali pada tanggal 13 April 2013."

3 dari 5 halaman

Penumpang menggunakan masker udara dalam pesawat

Foto Hoaks Lion Air. ©Twitter @Sutopo_PN

Lagi, foto beredar saat penumpang menggunakan masker udara dalam pesawat. Terlihat kondisi pesawat sedang turbulensi. Banyak yang menyimpulkan bahwa ini adalah penumpang pesawat Lion Air JT610. Namun itu hoaks.

"Jika Anda menerima foto berikut dan mengatakan ini kondisi penumpang Lion Air sebelum jatuh. Itu semua bohong. Hoax. Foto ini kondisi penumpang pesawat Sriwijaya saat turbulensi beberapa waktu lalu. Semua penumpang dan pesawat selamat." kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitternya @Sutopo_PN.

4 dari 5 halaman

Video penumpang dalam pesawat yang panik

Foto Hoaks Lion Air. ©Twitter @Sutopo_PN

Video ini memang paling banyak tersebar di dunia maya, seperti Facebook dan Twitter. Dalam video itu, penumpang berdoa dan mengucapkan takbir. Namun itu bukan pesawat Lion Air JT610 tujuan Pangkal Pinang.

"Jika anda menerima foto berikut dan mengatakan ini kondisi penumpang Lion Air sebelum jatuh. Itu semua bohong. Hoax. Foto ini kondisi penumpang pesawat Sriwijaya saat turbulensi beberapa waktu lalu. Semua penumpang dan pesawat selamat." kata Sutopo.

5 dari 5 halaman

Video nelayan melihat pesawat jatuh

Foto Hoaks Lion Air. ©2018 Facebook/Nazar Gin

Sebuah video menyebutkan nelayan yang menyaksikan pesawat jatuh Lion Air JT-610. Namun itu bukan pesawat Lion Air, melainkan pesawat Ethiopian Airlines Flight 961.

"Video tersebut sama sekali tidak terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta – Pangkal Pinang pada tanggal 29 Oktober 2018. Faktanya, video tersebut peristiwa jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines Flight 961 di Samudera Hindia pada tanggal 23 November 1996." [has]

Baca juga:
Cerita-cerita permintaan pramugari Lion Air JT610 sebelum kecelakaan
Analisis-analisis dugaan penyebab pesawat Lion Air jatuh di Karawang
Menhub Budi jatuhkan sanksi pada Lion Air usai proses investigasi rampung
KNKT kantongi informasi awal dugaan kerusakan Lion Air JT610
Bos Lion Air Rusdi Kirana temui keluarga korban pesawat jatuh
Tim SAR temukan bagian belakang pesawat sejauh 3 KM dari titik JT 610 jatuh

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini